Tekanan Darah Tinggi? Ini 5 Metode Keluarga Berencana yang Baik bagi Anda

Menurut data Kementerian Kesehatan tahun 2019, hipertensi alias tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit kardiovaskuler yang paling banyak diidap masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang mengalami hipertensi, memilih metode Keluarga Berencana (KB) perlu dilakukan dengan lebih hati-hati, sebab tidak semua kontrasepsi dapat Anda gunakan dengan bebas. Meskipun begitu, tak perlu khawatir, sebab Anda masih memiliki banyak pilihan. Berikut sekilas penjelasannya.

Dalam adaptasi diagram WHO edisi ke-5 tahun 2015, penggunaan pil KB kombinasi dan suntikan kombinasi tidak disarankan bagi penderita hipertensi dengan tekanan darah 140-159 / 90-99, kecuali apabila tidak ada alternatif kontrasepsi lain di klinik atau fasilitas kesehatan tersebut. Sementara itu, bila tekanan darah >160 / >100, pil KB kombinasi dan suntikan kombinasi tidak boleh digunakan sama sekali. Soalnya, pil KB kombinasi dan suntikan kombinasi mengandung hormon estrogen yang juga bisa meningkatkan tekanan darah, sehingga berbahaya bila digunakan oleh penderita hipertensi, meskipun bisa digunakan dengan aman oleh orang-orang dengan tekanan darah yang normal.
Alternatif kontrasepsi yang aman dan baik digunakan bagi penderita hipertensi antara lain:

  • Pil Laktasi
    Pil laktasi alias pil KB yang hanya mengandung hormon progesteron saja aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi setiap harinya. Di Indonesia, salah satu contoh pil laktasi adalah pil KB Andalan Laktasi. Isinya 28 butir pil yang masing-masing mengandung 0,5 mg Linestrenol/hormon progesteron.
    Tekanan Darah Tinggi? Ini 5 Metode Keluarga Berencana yang Baik bagi Anda
  • Implan KB
    Implan KB atau KB susuk merupakan alat kontrasepsi mungil yang dipasang di bawah permukaan kulit lengan bagian atas. Masa perlindungan implan ialah hingga 3 tahun. Contoh implan yang saat ini banyak digunakan di Indonesia misalnya implan Andalan berbatang dua yang mengandung 75 mg Levonorgestrel per batang. Levonorgestrel juga merupakan hormon progesteron, sehingga aman bagi orang-orang dengan tekanan darah tinggi.
    Tekanan Darah Tinggi? Ini 5 Metode Keluarga Berencana yang Baik bagi Anda
  • Suntikan KB 3 Bulan
    Suntikan KB yang hanya mengandung hormon progesteron saja biasanya dilakukan setiap 3 bulan sekali. Suntikan ini aman bagi penderita hipertensi bila tekanan darah 140-159 / 90-99, namun tidak disarankan bila tekanan darah >160 / >100. Contohnya adalah Andalan Suntikan KB 3 bulan 3 ml dan 1 ml dan/atau Suntikan KB Depo Harmonis 3 bulan 1 ml dan 3 ml.
    Tekanan Darah Tinggi? Ini 5 Metode Keluarga Berencana yang Baik bagi Anda
  • IUD tembaga
    Bila Anda menginginkan alternatif kontrasepsi jangka panjang yang tahan bertahun-tahun, aman bagi penderita hipertensi, dan tidak mengandung hormon sama sekali, IUD tembaga adalah solusi yang tepat untuk program Keluarga Berencana (KB) Anda. Alih-alih menggunakan hormon, IUD tembaga bekerja mencegah kehamilan dengan melepas ion-ion yang bersifat toksik bagi sperma. Beberapa macam IUD tembaga populer di Indonesia misalnya IUD Andalan TCu 380A, Andalan Cu 375 Sleek, dan Andalan Silverline Cu 200 / Cu 380 Ag.
    Tekanan Darah Tinggi? Ini 5 Metode Keluarga Berencana yang Baik bagi Anda
  • Kondom
    Kontrasepsi non-hormonal lainnya yang aman bagi penderita hipertensi adalah kondom. Selain bisa menjadi metode Keluarga Berencana (KB) yang baik untuk mencegah kehamilan, kondom merupakan satu-satunya kontrasepsi yang juga bisa melindungi penggunanya dari risiko infeksi menular seksual (IMS). Beberapa brand kondom terpercaya yang telah sesuai standar mutu internasional misalnya kondom Andalan, Fiesta, Sutra, dan Supreme.
    Tekanan Darah Tinggi? Ini 5 Metode Keluarga Berencana yang Baik bagi Anda

Baca juga : Mengatasi Endometriosis dengan Pil KB, Apakah Bisa?

Itulah jenis-jenis metode Keluarga Berencana (KB) yang aman bagi Anda yang bertekanan darah tinggi. Jika ingin berkonsultasi, Anda bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB.  Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
WhatsApp chat