Tiga Pemicu Keputihan yang Mengganggu

Tiga pemicu keputihan

Ada sejumlah indikasi yang menunjukkan bahwa keputihan yang kamu alami bukan keputihan biasa. Yuk, cek apa saja tanda-tanda keputihan yang berbahaya.

Sebenarnya mudah saja membedakan keputihan normal dan keputihan yang tidak normal. Para ahli sudah menegaskan ada tiga indikator perubahan yaitu, warna, bau, dan gejala yang muncul seperti perih saat berkemih, dan sensasi terbakar atau panas pada vagina.

Baca Juga: Perbedaan Keputihan Normal dan Tidak Normal

Jika kamu merasakan satu saja dari indikasi tersebut, itu artinya keputihan yang kamu rasakan bukan keputihan biasa. Salah satu pemicu munculnya keputihan abnormal adalah infeksi bakteri dan jamur.

Berikut tiga jenis infeksi yang sering jadi biang kerok munculnya keputihan abnormal dan gejala yang menyertainya:

Infeksi jamur

Jamur yang tumbuh subur di vagina menyebabkan infeksi. Tanda-tanda infeksi jamur di antaranya : cairan keputihan berwarna putih kental seperti keju; terjadinya pembekakan dan nyeri di sekitar vulva; rasa gatal yang hebat; dan sakit saat berhubungan seksual.

Bacterial vaginosis

Bacterial vaginosis atau infeksi bakteri pada vagina membuat keputihan yang kamu rasakan sangat mengganggu karena sensasi yang ditimbulkan. Tanda-tanda telah terjadi infeksi bakteri pada vagina di antaranya : keputihan berwarna putih, abu-abu atau kekuningan. Bau amis yang menyengat setelah berhubungan intim atau setelah membasuh vagina. Terasa gatal, muncul sensasi terbakar. Sedikit kemerahan dan pembengkakan pada vagina dan vulva.

Trichomoniasis

Trichomoniasis merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Kondisi ini menyebabkan perubahan drastis pada keputihan diantaranya menjadi lebih encer, berwarna keputihan atau kekuningan, bau tidak sedap, sakit saat buang air kecil, dan paling terlihat setelah menstruasi.

Baca Juga: Penyebab Keputihan Coklat Setelah Haid

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya