Tips Berdiskusi dengan Pasangan Soal Kebutuhan Memakai Pelumas

Pasangan memakai pelumas

Memakai pelumas bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menambah sensasi bercinta. Akan tetapi, untuk mulai menggunakannya, Anda perlu mendiskusikannya dulu dengan pasangan. Tanpa pendekatan yang tepat, pasangan bisa tersinggung dan merasa bahwa Anda kurang puas dengan kualitas hubungan seks bersamanya. Padahal, Anda mungkin hanya ingin mencoba sesuatu yang baru. Emily Nagoski, pakar seksualitas perempuan dan penulis buku populer Come As You Are, memaparkan 3 strategi utama untuk berdiskusi dengan pasangan soal kebutuhan memakai pelumas. Berikut sekilas penjabarannya.

Baca Juga: Gunakan Kondom dan Pelumas untuk Seks Lebih Nyaman

  1. Bahas dengan pembawaan yang ringan
    Playfulness, curiosity and humor. Artinya: kejenakaan, kaingin-tahuan, dan humor. Tiga kriteria ini, menurut Nagoski, merupakan elemen yang dibutuhkan ketika Anda akan mulai berdiskusi dengan pasangan soal keinginan Anda mencoba pelumas. Misalnya, sambil menggoda pasangan, Anda bisa bertanya, “Eh, Sayang, kamu pernah penasaran nggak sih sama pelumas yang dipake buat hubungan seks? Aku lihat iklannya sekilas, katanya ada yang aromanya manis kayak buah-buahan gitu. Aku jadi kepo deh. Kayaknya asik main-main sama kamu pake itu.” Yakin deh, pasangan Anda nggak akan stres dalam menanggapi ide Anda bila pendekatan Anda dilakukan dengan cara yang rileks dan menyenangkan.
    Tips Berdiskusi dengan Pasangan Soal Kebutuhan Memakai Pelumas
  2. Angkat terlebih dahulu hal-hal yang sudah dilakukan pasangan Anda dengan benar
    Make your partner feel like a superhero. Jadikan pasangan Anda merasa seperti pahlawan super, demikian bunyi saran kedua dari Nagoski. Agar pasangan nggak tersinggung, sampaikan di awal percakapan betapa bahagianya Anda dengan performa seksualnya selama ini. Barulah kemudian Anda mengajukan bahwa ia bisa membuat Anda lebih bahagia lagi dengan mencoba hal-hal baru. Contohnya, Anda bisa mengatakan, “Tau nggak sih, Sayang? Aku tuh merasa beruntung banget nikah sama kamu. Udah nggak bisa dihitung lagi berapa kali kamu ngasih aku orgasme, hahahaha… Kira-kira kalau kita nyobain sesuatu yang baru, bakal nambah lagi nggak, ya?” Dengan pendekatan seperti ini, ia akan lebih terbuka menerima masukan Anda tanpa merasa sakit hati.
    Tips Berdiskusi dengan Pasangan Soal Kebutuhan Memakai Pelumas
  3. Ajak pasangan memilih pelumas bersama Anda
    Saran terakhir dari Nagoski: choose your lube wisely. Artinya, pilihlah pelumas Anda dengan bijak. Carilah yang membuat Anda dan pasangan Anda sama-sama merasa nyaman. Sesuaikan juga dengan kontrasepsi Anda. Hindari pelumas berbahan dasar minyak bila memakai kondom, sebab pelumas berbahan dasar minyak bisa merusak kondom lateks. Sebaliknya, jika Anda menggunakan sex toys, hindari pelumas berbahan dasar silikon, sebab sebagian besar sex toys terbuat dari silikon dan bisa rusak dengan pelumas tersebut. Sulit menemukan pelumas yang cocok dengan kondom dan sex toys Anda? Kami memiliki 4 rekomendasi. Untuk pelumas yang tidak beraroma, Anda bisa menggunakan Fiesta Intimate Natural Lubricant dan Sutra Lubricant Gel berbahan dasar air, atau Fiesta Intimate Lubricant berbahan dasar Aloe Vera dengan Vitamin E. Sebaliknya, bila ingin yang beraroma, Anda bisa mencoba Fiesta Intimate Strawberry Lubricant yang dijamin akan meningkatkan keintiman Anda dan pasangan dengan kemanisan aroma stroberinya yang luar biasa.
    Tips Berdiskusi dengan Pasangan Soal Kebutuhan Memakai Pelumas

Baca Juga: Mengenal Lima Tipe Kondom, dari yang Berbintil Sampai Glow in The Dark

Itulah 3 tips untuk berdiskusi dengan pasangan Anda soal kebutuhan memakai pelumas. Jika ingin berkonsultasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB.  Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

artikel lainnya