Uniknya Tradisi Bagi-bagi Kondom di Ajang Olimpiade

Tradisi kondom olimpiade

Setiap tuan rumah olimpiade selalu memiliki tradisi membagikan kondom untuk para atlet dan peserta. Sebenarnya, apa tujuan dari bagi-bagi kondom tersebut?

Ajang olimpiade merupakan tempat di mana atlet-atlet muda berbadan kuat dan bagus, bertemu, dan secara alami mereka menjadi dekat. Beberapa juga melakukan hubungan seks.

Baca Juga: Kondom Terbaik untuk Pasangan yang Mudah Panik Soal Risiko Kehamilan

Itu sebabnya sejak Olimpiade Musim Panas di Seoul, Korea Selatan, tahun 1988 ada tradisi membagikan kondom dari panitia.

Tujuannya agar para atlet bisa berhubungan seksual dengan lebih aman. Selain itu, pembagian kondom itu juga untuk menyebarkan kepedulian pada HIV/AIDS. Sejak itulah program bagi-bagi kondom menjadi tradisi.

Menurut USA Today, di Olimpiade Seoul, panitia membagikan 8.500 kondom. Lama-lama jumlah kondom yang disebar makin meroket. Di Olimpiade Musim Panas Rio tahun 2016 dibagikan 450.000 kondom. Jumlah ini termasuk 100.000 buah kondom perempuan.

Di ajang Olimpiade Tokyo ini, panitia membagikan 160.000 kondom untuk kampung atlet.

Walau demikian, karena ajang olahraga terbesar sejagat ini dilakukan saat pandemi Covid-19, panitia mengingatkan agar para atlet menghindari aktivitas fisik yang intim selama di Tokyo. Dengan kata lain, kondom yang dibagikan itu tidak boleh dipakai.

Menurut panitia, kondom itu boleh dibawa pulang sebagai souvenir dan juga untuk meningkatkan awareness tentang bahaya HIV/AIDS.

Komite Olimpiade Internasional memang menerapkan protokol kesehatan yang ketat di ajang ini.

Para atlet juga wajib mematuhi protokol tersebut, apalagi Tokyo dan beberapa wilayah di Jepang masih berjuang untuk menurunkan angka penularan Covid-19.

Prokes yang diterapkan tersebut meliputi menjaga jarak, menghindari jabat tangan, dan sebagainya. Setiap pelanggar akan didenda, didiskualifikasi, dan juga ditarik medalinya jika mengulangi kesalahan.

Baca Juga: Ini Lima Kondom Terbaik untuk Kamu yang Berjiwa Muda

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya