Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menstrual Cup Digunakan

menstrual-cup

Tren penggunaan menstrual cup memang memberikan sensasi tersendiri. Pilihan mengganti pembalut dan beralih ke produk menstrual cup di saat menstruasi setiap bulannya memang merupakan pertimbangan yang rasional karena harganya terjangkau dan ramah lingkungan.

Di balik sejumlah manfaat dari menstrual cup, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan sebelum menggunakannya. Pemahaman ini penting dimiliki sejak awal menggunakan menstrual cup. Agar penggunaan yang dilakukan secara rutin setiap bulannya ini bisa memberikan manfaat maksimal.

Baca Juga: Lima Tips Membawa Menstrual Cup saat Traveling

Dan tentu saja, sebagai pengguna kamu merasa nyaman tanpa harus was-was dengan kemungkinan masalah yang terjadi. Yuk, meminimalisir risiko penggunaan menstrual cup dengan memperhatikan beberapa point penting sebelum menggunakannya.

Berikut sejumlah hal yang mesti diperhatikan sebelum menstrual cup digunakan :

  • Risko tumpah
    Salah satu kondisi yang paling menantang dari penggunaan menstrual cup adalah proses pelepasan atau pencopotan cup dari vagina. Proses ini berpotensi berantakan jika tidak dilakukan dengan benar. Salah satunya, jika posisi menstrual cup tidak pada tempatnya, misalnya miring atau sudah terlalu penuh, sehingga digerakkan sedikit saja, darahnya bisa tumpah. Nah, pastikan cara mengeluarkan menstrual cup sudah benar dan jangan tunggu sampai volumenya terlalu penuh yang menyulitkan saat harus dikeluarkan.
  • Sulit dimasukkan, sulit dikeluarkan
    Saat hendak memasukkan menstrual cup ke dalam vagina, kamu kesulitan menempatkan pada posisi ideal. Bisa jadi karena tidak mendapatkan lipatan yang benar. Atau kondisi lainnya ketika kamu kesulitan mencubit bagian ujung menstrual cup saat harus menariknya keluar dari vagina. Dua kesulitan ini tentu saja menguras emosi. Karena itu, pastikan posisinya sudah benar dan bisa dimasukkan atau dikeluarkan dengan mudah tanpa drama ya.
  • Berburu ukuran yang pas
    Bicara soal ukuran, memang sangat individual. Menstrual cup memang tidak didesain untuk semua orang. Ada ukuran-ukuran tertentu yang memang sudah menjadi standar. Sementara bentuk dan ukuran vagina setiap wanita sangat individual. Nah, ketidakselarasan inilah yang kadang jadi masalah. Kamu kesulitan menemukan menstrual cup yang benar-benar cocok dengan kondisi vagina sendiri. Pencarian ini memang butuh kesabaran untuk mendapatkan yang benar-benar pas agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Carilah sampai kamu benar-benar menemukan menstrual cup yang tepat.
  • Alergi menghantui
    Sebagian besar menstrual cup diproduksi dari bahan latex. Produk asing yang ditempatkan di area tubuh terlebih di organ intim, memang memiliki risiko reaksi alergi kulit. Nah, ini problem serius yang mesti diperhatikan. Jangan abaikan jika kamu mengalami alergi terhadap produk menstrual cup. Segera hentikan penggunaan jika terjadi alergi ya. Ganti dengan produk berbahan berbeda seperti silikon atau karet yang mungkin lebih tepat untuk kamu seorang.
  • Iritasi vagina
    Pemicu terjadinya iritasi pada vagina biasanya karena menstrual cup tidak dibersihkan dan dirawat dengan benar. Karena itu pastikan menstrual cup yang kamu gunakan harus senantiasa bersih dan steril dari kuman, bakteri, jamur yang bisa mengiritasi vagina. Kondisi lain yang memicu iritasi bila penggunaan menstrual cup tanpa atau kurang pelumasnya sehingga membuat vagina tidak nyaman.
  • Cuci bersih!
    Kemungkinan meningkatnya risiko infeksi terjadi bila menstrual cup tidak dicuci dengan baik. Bersihkan dengan benar. Cuci, bilas dan keringkan. Jangan coba-coba menggunakan kembali menstrual cup sekali pakai. Selain itu, cuci tangan dengan sabun di air mengalir setelah membersihkan menstrual cup. Kebersihan ini berlaku untuk semua, baik produknya, vagina, maupun tangan kamu sendiri agar risiko meningkatnya infeksi dan iritasi bisa dihilangkan semaksimal mungkin.

Itulah beberapa hal penting yang mesti kamu pahami sebelum menggunakan menstrual cup. Jangan gegabah apalagi mengabaikan faktor kebersihan dan ketepatan penggunaan. Sedikit saja diabaikan, risikonya cukup besar dan merepotkan. Yuk, belajar disiplin dari diri sendiri, dari hal paling pribadi.

Baca Juga: Macam-macam Bahan Menstrual Cup, Yuk Pilih yang Pas Untukmu

Jika kamu ingin tahu lebih jauh seputar menstrual cup atau ingin berkonsultasi seputar menstruasi secara umum dengan tenaga kesehatan Halo DKT, kamu bisa menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya