← Back to Media Release
Family Planning, Earlier is Better
 
Jakarta, July 12, 2017.

Setidaknya ada 80 juta wanita dunia yang mengalami kejadian kehamilan tidak diinginkan per tahun. Sedangkan di Indonesia sendiri, ada sekitar 11,2 juta (14%) kejadian kehamilan yang tidak diinginkan setiap tahunnya. Faktanya, sekitar 41,8% dari kehamilan tidak diinginkan tersebut terjadi pada wanita muda berusia 17 tahun. Hal tersebut mengemuka dalam acara ‘Soirée with Andalan’ dengan tema ‘Family Planning, Earlier is Better’, yang diselenggarakan oleh Kontrasepsi Andalan di Suasana Restaurant, Jakarta.

Dalam acara yang juga ditujukan untuk menyambut perayaan Hari Keluarga Berencana Nasional dan Hari Populasi Sedunia ini, Aditya A. Putra, GM Family Planning & Reproductive Health DKT Indonesiayang juga membawahi Kontrasepsi Andalan mengungkapkan, “Berbicara soal populasi dan KB, tidak bisa dilepaskan dengan pembahasan seputar perencanaan kehamilan. Setiap kehamilan harus merupakan kehamilan yang dikehendaki. Untuk itu, penting bagi wanita muda untuk mengetahui tentang kontrasepsi dan perencanaan kehamilan sebelum memutuskan untuk menikah”.

“Setiap anak berhak mendapatkan kasih sayang yang cukup dari orang tuanya, sehingga kehadirannya perlu dipersiapkan secara matang. Di sisi lain, merupakan hak setiap wanita untuk dapat meraih impian dan cita-citanya. Oleh karena itu, mendorong pengetahuan mengenai kontrasepsi dan perencanaan kehamilan bagi wanita muda merupakan salah satu cara untuk memenuhi hak tersebut,” ujar Aditya menambahkan.

Ditemui dalam kegiatan yang sama, dr. Uf Bagazi, SpOG Spesialis Kandungan Brawijaya Women & Children Hospital menjelaskan “Penggunaan kontrasepsi memberi kekuatan dan hak bagi wanita untuk menjalani hidupnya sesuai dengan mimpi dan cita-citanya. Wanita yang mempunyai pengetahuan yang baik terkait kontrasepsi, maka ia akan mampu untuk menjaga kesehatan reproduksinya, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup, melakukan perencanaan keluarga dengan baik, dan mampu menghasilkan generasi berkualitas”.

Ketika wanita muda mengetahui pentingnya KB dan kontrasepsi sedari awal, banyak manfaat yang akan didapat di antaranya:

  • Terjaganya kesehatan reproduksi sehingga meminimalisir risiko penyakit yang berkaitan dengan organ reproduksi, seperti kanker payudara, kanker serviks dan lain sebagainya.
  • Mencegah terjadinya gangguan fisik dan psikologis akibat kehamilan yang tidak diinginkan,
  • Memiliki persiapan yang matang terkait dengan perencanaan kehamilan,
  • Dapat meningkatkan kualitas diri dan mewujudkan mimpinya, karena mempunyai waktu yang cukup untuk dirinya sendiri.
  • Mempererat hubungan dengan pasangannya,
  • Mampu memiliki waktu untuk mendidik dan membesarkan anak secara maksimal.

Sebagai salah satu brand kontrasepsi yang turut mendukung dan berpartisipasi aktif dalam menyukseskan program KB di Indonesia, Kontrasepsi Andalan hadir untuk menginspirasi wanita Indonesia akan pentingnya perencanaan kehamilan. Upaya tersebut telah dilakukan oleh Kontrasepsi Andalan di antaranya dengan menyediakan berbagai macam jenis dan pilihan metode kontrasepsi, antara lain IUD, implan, pil, KB suntik, dan juga kondom.

Saat ini, Kontrasepsi Andalan juga telah menghadirkan tundakehamilan.com sebagai website panduan dalam menentukan metode kontrasepsi modern yang tepat bagi Anda. Mengingat hingga saat ini, masih banyak pasangan yang memiliki keterbatasan pengetahuan dan masih termakan mitos serta miskonsepsi seputar alat kontrasepsi, maka melalui web ini akan memberikan informasi yang benar dan tepat terkait dengan kontrasepsi.

Tundakehamilan.com merupakan one stop information website mengenai wawasan kontrasepsi yang cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang sedang belajar mengenai perencanaan kehamilan, dan ingin merencanakan program KB dalam waktu dekat”, ujar Aditya menegaskan.

Wanita adalah pondasi utama untuk perencanaan keluarga yang bahagia, dan dengan berkontrasepsi dapat membantu mewujudkan hal tersebut.

 

© 2017 DKT Indonesia. All Rights Reserved.

HOME

© 2017 DKT Indonesia. All Rights Reserved.