Pasangan Senang ‘Jajan’ Diam-diam? Lindungi Kesehatan Reproduksi Anda dengan Cara Ini

Menurut data Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia, ibu rumah tangga merupakan salah satu kelompok penderita HIV/AIDS dengan angka tertinggi. Dari tahun 1987 hingga 2014 saja, terdapat 6.539 kasus di kalangan ibu rumah tangga, sementara dari kalangan pekerja seks komersil yang mengidap HIV/AIDS hanya 2.052 kasus (PKBI, 2015).

Terlihat jelas bahwa penyebaran tertinggi justru bukan terjadi di lokalisasi, melainkan di rumah sendiri, khususnya bila suami diam-diam tidak setia. Bagi Anda yang curiga bahwa pasangan sering ‘jajan’ sembarangan di belakang Anda, lindungi kesehatan reproduksi Anda dengan cara-cara berikut.

  1. Berhubungan seks dengan menggunakan kondom
    Kondom merupakan satu-satunya alat kontrasepsi yang bisa melindungi Anda dari risiko infeksi menular seksual (IMS) (Westheimer & Lehu, 2019). Efektivitas kondom dalam mencegah penularan HIV bisa mencapai 91% (Johnson, O’Leary & Flores, 2018), khususnya bila dipakai dengan tepat dan konsisten setiap kali berhubungan seks. Jika hanya digunakan sesekali saja, Anda tidak akan bisa mendapatkan perlindungan maksimal. Meskipun begitu, penggunaan kondom tetaplah sepuluh ribu kali lebih baik daripada tidak memakai kondom sama sekali. Anda bisa membeli kondom di sini.
    Pasangan Senang 'Jajan' Diam-diam? Lindungi Kesehatan Reproduksi Anda dengan Cara Ini
  2. Melakukan tes IMS secara berkala
    Ada banyak sekali manfaat dari melakukan tes IMS secara berkala. Anda dan pasangan Anda mungkin memiliki IMS yang tidak diketahui. Bukan hanya akibat dari perselingkuhan, tetapi bisa juga dari hubungan sebelumnya dengan mantan pasangan, akibat suntik dengan jarum yang ternyata tidak steril, transfusi darah dari orang yang ternyata memiliki IMS, dari orangtua yang ternyata positif HIV/AIDS, atau dari penggunaan narkoba di masa lampau. Semakin cepat Anda mengetahui status IMS Anda dan pasangan Anda, semakin cepat Anda bisa memperoleh penanganan medis.
    Pasangan Senang 'Jajan' Diam-diam? Lindungi Kesehatan Reproduksi Anda dengan Cara Ini
  3. Meninggalkan pasangan Anda bila terbukti selingkuh dan tak mau berubah
    Bila pasangan terus berbohong meskipun Anda telah menemukan bukti yang jelas bahwa ia berselingkuh, atau jika ia tak mau berubah meskipun sudah ketahuan, ada baiknya Anda mempertimbangkan ulang apakah Anda benar-benar mau melanjutkan hubungan dengannya. Bukan hanya soal risiko penyebaran IMS yang menjadi masalah, melainkan juga fakta bahwa ia tidak menghargai Anda sebagai pasangan. Anda bisa mencoba menjalani konseling pernikahan terlebih dahulu dengan pasangan Anda. Akan tetapi, pada akhirnya Anda tetap harus bersikap realistis dan menilai usaha yang telah dilakukan pasangan secara objektif, demi kebaikan Anda sendiri.
    Pasangan Senang 'Jajan' Diam-diam? Lindungi Kesehatan Reproduksi Anda dengan Cara Ini

Baca juga : Trik Menjaga Kesehatan Reproduksi Pasangan Ketika Anda Punya Infeksi Menular Seksual

Begitulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi bila Anda mencurigai pasangan sering ‘jajan’ diam-diam. Jika ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai topik ini, Anda bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
WhatsApp chat