Tanda-tanda Hamil Muda dan Apa yang Terjadi pada Tubuh

tanda-hamil-muda

Saat hamil, kamu pasti memiliki banyak pertanyaan. Terutama adalah bertanya apakah saya benar-benar hamil dan bagaimana kondisi bayi dalam kandungan.

Pada satu sampai dua bulan pertama kehamilan kamu mungkin tidak terlihat hamil sama sekali. Sebagian besar ibu yang baru pertama kali melahirkan tidak mengalami gejala setidaknya sampai minggu ke-12.

Baca Juga: Hasil Tes Positif Namun Tidak Terjadi Kehamilan, Apa Sebabnya?

Namun, jika ini bukan bayi pertama kamu, maka kamu mungkin mulai menyadarinya lebih cepat, karena otot-otot di rahim (rahim) dan perut mungkin telah meregang dari kehamilan sebelumnya.

Kehamilan dihitung sejak hari pertama haid terakhir. Selama sekitar 15 hari pertama tubuh akan menjalani rutinitas normalnya – menebalkan rahim dan melepaskan satu atau dua sel telur.

Secara teknis kamu tidak hamil. Tetapi sekitar minggu ke-2 atau ke-3, jika sel telur bertemu sperma dan terjadi pembuahan, maka itu saatnya!

Sel telur yang telah dibuahi kemudian berjalan menuruni tuba falopi, membelah dan membelah kembali, hingga mencapai rahim.

Ini kemudian akan mengubur dirinya ke dalam dinding (implantasi) di mana si janin akan membuat dirinya sangat nyaman selama sembilan bulan ke depan. Pada empat minggu, telur Anda sekarang menjadi embrio – dan kamu hamil!

Walau kamu mungkin tidak memiliki gejala sama sekali – tetapi kemudian hormon kehamilan mulai bekerja.

Selama trimester pertama hingga minggu ke-12, biasanya ibu hamil mengalami gejala awal kehamilan, seperti:

  • Tidak haid
  • Payudara terasa bengkak
  • Mual dan lelah, sering disebut sebagai morning sickness
  • Penciuman lebih peka
  • Lebih sering buang air kecil
  • Keputihan ringan
  • Perut terasa kembung
  • Mulai merasa malas makan sesuatu dan ingin makanan tertentu.

Jika kamu merasa hamil tetapi belum melihat gejala apa pun, kamu mungkin hamil. Untuk memastikannya memang sebaiknya melakukan tes atau periksa ke dokter atau bidan.

Baca Juga: Kehamilan Tak Kunjung Datang? Saatnya Melakukan Tes Kesuburan

Setiap orang berbeda dan tidak ada orang lain yang akan mengalami kehamilan seperti kamu.
Nah, itu tadi tanda-tanda hamil muda. Jika kamu masih punya pertanyaan seputar kehamilan, kamu bisa berkonsultasi secara online melalui Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya