Pil KB

Pil KB atau yang disebut dengan kontrasepsi oral, merupakan metode kontrasepsi berbentuk pil yang cara mengonsumsinya harus diminum sehari sekali pada jam yang sama setiap hari. Ada banyak jenis pil yang beredar di pasaran, yang sebagian besar bekerja dengan melepaskan hormon yang membuat ovarium melepaskan telur, dan menebalkan dinding rahim serta membantu menghalangi sperma agar tidak sampai ke sel telur.

 

Pil KB memiliki dua jenis:

Pil KB Kombinasi, menggunakan gabungan dari estrogen dan progestin yang bekerja untuk tubuh dalam mencegah ovulasi. Pil KB Kombinasi terdiri dari tiga minggu Pil KB yang mengandung hormon dan satu minggu pil plasebo yang diminum pada saat menstruasi.

Pil KB Progestin, sering juga disebut pil mini, pil ini tidak memiliki kandungan estrogen di dalamnya dan sering diresepkan bagi perempuan yang tidak cocok dengan Pil KB kombinasi.

 

Harus Disiplin

Disiplin merupakan kunci pada saat mengonsumsi Pil KB, mengingat penggunaan pil ini harus dikonsumsi pada jam yang sama setiap harinya atau efektivitas akan berkurang.

Salah satu keunggulan dari Pil KB adalah dapat membuat menstruasi menjadi lebih lancar dan mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi.

Namun, beberapa orang justru tidak menstruasi sama sekali tapi kondisi tersebut terbilang masih aman dan tidak akan mempengaruhi kesehatan. Pil KB juga tidak cocok bagi perokok. Cukup hentikan penggunaan Pil KB beberapa hari ketika ingin hamil.

QUICK FACTS

TINGKAT EFEKTIVITAS

EFEK SAMPING

KELEBIHAN

CARA MENGGUNAKAN

POSITIF VS NEGATIF

POSITIF

NEGATIF


Ayo ikuti testnya untuk dapat mengetahui alat kontrasepsi
yang paling cocok dengan Anda

Mulai test sekarang
Chat kami melalui whatsapp whatsapp