DKT Indonesia Luncurkan Andalan Gestin F2, KB Suntik 2 Bulanan Pertama di Indonesia

Jakarta, 27 April 2021. KB suntik merupakan metode kontrasepsi terpopuler masyarakat Indonesia untuk menemani dalam perencanaan keluarga. Data SDKI 2017 menunjukkan ada 29% perempuan menikah berumur 15 hingga 49 tahun di Indonesia pengguna KB suntik. Sedangkan laporan BKKBN terkini menyebutkan bahwa sepanjang Januari hingga Maret 2021 ini ada 202ribu perempuan usia subur melakukan suntik KB di Indonesia melalui Praktik Mandiri Bidan1.

dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG, FFAG ditemui dalam webinar Peluncuran KB Suntik 2 Bulanan Andalan Gestin F2 mengungkapkan “KB suntik dipilih sebagai alternatif kontrasepsi karena faktor efektivitasnya yang tinggi, serta kenyamanannya karena akseptor hanya perlu datang secara bulanan, ditambah dengan harga layanan KB suntik yang relatif terjangkau”.

DKT Indonesia sebagai organisasi pemasaran sosial kontrasepsi terbesar di Indonesia yang telah memiliki 6 varian portofolio KB Suntik (Suntik Andalan 1 bulan 0,5ml; Andalan 3 bulan 1 ml dan 3 ml; serta Suntik HarmOnis 1 bulan 0,5ml; HarmOnis 3 bulan 1ml dan 3ml); kini menghadirkan inovasi terbaru yaitu varian KB suntik 2 bulanan pertama di Indonesia, “Andalan Gestin F2”.

Brand Manager Andalan Kontrasepsi, Apt. Roni Syamson, S. Farm menjelaskan “Andalan Gestin F2 merupakan KB suntik kombinasi hormon Medroxyprogesterone Acetate 65 mg/mL dan Estradiol Cypionate 7,5 mg/ml yang efektif mencegah kehamilan dengan mekanisme kerja menghambat sekresi gonadotropin sehingga mencegah pematangan folikel dan ovulasi, dan juga penebalan mucus pada mulut rahim, tipis endometrium sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya implantasi. Andalan Gestin F2 menjadi alternatif baru bagi para perempuan untuk melakukan KB suntik setiap dua bulanan, efektif mencegah kehamilan dan menstruasi tetap lancer setiap bulannya”.

“Adanya varian suntik KB 2 bulan Andalan Gestin F2 ini semakin memberikan alternatif kenyamanan dan kemudahan bagi akseptor karena frekuensi suntik 2 bulan sekali, sehingga semakin ekonomis, selain itu menstruasi tetap lancar karena kandungan hormon kombinasi yang terdapat pada Andalan Gestin F2” Ujar Roni menambahkan.

Di usia produktif, perempuan butuh dukungan untuk bisa memaksimalkan kesempatan berkarir dan mengembangkan diri. Salah satunya adalah dengan pelayanan KB yang efektif, praktis, dan baik bagi kesehatan, sesuatu yang menurut WHO merupakan hak setiap orang. Suntik KB 2 bulanan Andalan Gestin F2 hadir untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan ini.
Mekanisme kerjanya ada 3 macam, yaitu sebagai berikut:

  • Mencegah pematangan dan pelepasan sel telur,
  • Menebalkan cairan lendir pada leher rahim agar lebih sulit dilalui oleh sperma,
  • Menipiskan lapisan endometrium agar sel telur tidak dapat menempel bila masih terjadi pembuahan sel telur oleh sperma.

 DKT Indonesia Luncurkan Andalan Gestin F2, KB Suntik 2 Bulanan Pertama di Indonesia

“Dari segi kesehatan, Andalan Gestin F2 memiliki banyak manfaat. Perempuan terkadang khawatir bahwa menggunakan alat kontrasepsi bisa mengganggu siklus menstruasi ataupun mengurangi kesuburan secara permanen. Nah, dengan Andalan Gestin F2, hal ini tidak akan terjadi. Soalnya, kombinasi hormon progesteron dan estrogennya dikembangkan sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu keteraturan siklus menstruasi. Perempuan pun bisa segera merencanakan kehamilan setelah masa perlindungan Andalan Gestin F2 selesai” Tambah Brand Manager Andalan Kontrasepsi menjelaskan.

Efektifitas Andalan Gestin F2 sudah teruji secara klinis, penelitian yang di lakukan bekerjasama dengan Departemen Farmakologi dan terapi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran – Bandung yang di lakukan terhadap 360 subject selama 12 bulan (1 tahun) , dan menunjukan hasil bahwa tidak terjadi kehamilan terhadap subject yang di suntikan Andalan Gestin F2.

Selain itu, KB Suntik 2 Bulanan Andalan Gestin F2 ini juga telah melakukan studi yang menunjukkan bahwa penggunaan Suntik KB 2 Bulanan Andalan Gestin F2, tidak ada perubahan yang signifikan terhadap hasil pemeriksaan rekam medis, baik terhadap tekanan darah, denyut nadi, respiratory rate, gula darah, semua masih dalam batas normal2.

“Suntik KB 2 bulanan Andalan Gestin F2 jauh lebih praktis dan ekonomis. Karena hanya perlu dilakukan 2 bulan sekali, jumlah jadwal kunjungan suntik jadi lebih sedikit, cocok sekali untuk kondisi Indonesia yang masih dilanda pandemi COVID-19. Keunggulan ekonomisnya tak perlu dipertanyakan lagi” Tambah Roni menutup.

Untuk melakukan Suntikan KB 2 Bulanan Andalan Gestin F2, Anda cukup mendatangi tenaga kesehatan baik dokter maupun bidan Andalan terdekat, atau dengan bertanya langsung lewat layanan konsultasi KB gratis “Halo DKT” di nomor 0800-1-326459 (Bebas Pulsa) atau WhatsApp dan Telegram di nomor 0811-1-326459.

———————————————-

1 Laporan BKKBN Pelayanan Peserta KB Baru yang Dilayani Oleh Faskes Jejaring (Praktik Bidan Mandiri) Tahun 2021
2 Study Report: Pharmacokinetic Study of Three Dose Combination of Medroxyprogesterone Acetate and Estradiol Cypionate Intramuscular Injection (25/5 Mg, 65/7.5 Mg, and 120/10 Mg) Produced by PT Harsen Laboratories, Indonesia (Gestin F1, F2, and F3)

*SELESAI*

Tentang Andalan

Andalan merupakan pioneer kesehatan reproduksi bagi perempuan Indonesia, yang telah menemani selama lebih dari 20 tahun, baik dalam proses perencanaan keluarga, menjaga kebersihan organ reproduksi, serta menemani masa kehamilan hingga menyusui. Andalan percaya bahwa perempuan harus merasa nyaman dan aman dengan perannya, sehingga Andalan hadir sebagai sahabat perempuan Indonesia untuk bebas mengekspresikan diri dalam memainkan perannya sebagai perempuan di setiap masa, dari kini hingga nanti, baik itu masa remaja, masa dewasa, menjadi seorang istri hingga menjadi seorang Ibu.

Sebagai One Stop Solution for Women’s Healthcare, Andalan menyediakan berbagai pilihan produk yang aman dan berkualitas untuk meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan Indonesia, seperti Andalan Kontrasepsi, Andalan Nutrisi, Andalan Feminine Care, hingga Andalan Pregnancy Test Kit.

Pencapaian Andalan di Indonesia

  • 2000: Program KB Andalan hadir untuk kembali mempromosikan pentingnya Keluarga Berencana, pasca krisis ekonomi 1998
  • 2003: Andalan menghadirkan alat kontrasepsi IUD, sebagai pilihan kontrasepsi jangka panjang non hormonal yang aman digunakan bagi perempuan Indonesia
  • 2004: Meluncurkan Andalan Pregnancy Test Kit, untuk membantu perempuan Indonesia mengecek kondisi kehamilan secara akurat
  • 2005: Menghadirkan KB Suntik Harmonis, sebagai pilihan metode perencanaan keluarga dengan harga terjangkau, untuk menjangkau masyarakat menengah ke bawah
  • 2006: Meluncurkan Pil KB Laktasi yang saat ini menjadi favorit ibu menyusui di Indonesia dalam merencanakan keluarga
  • 2009: Merilis IUD Sleek, IUD non hormonal pertama di Indonesia yang dikhususkan bagi perempuan Asia yang memiliki rahim pendek
  • 2012: Menghadirkan Andalan FE, pil KB pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan kandungan zat besi pada plasebonya untuk membantu meringankan gejala anemia bagi perempuan
  • 2017: Melakukan pelatihan terhadap lebih dari 50.000 tenaga kesehatan baik dokter maupun bidan khususnya mengenai metode pemasangan dan pelepasan IUD serta implant, dan membantu lebih dari 10.000 klinik bidan melalui program pemasaran sosial.
  • 2018: Meluncurkan Lactaboost, sebagai suplemen alami bagi Ibu menyusui untuk membantu menemani Ibu menjalankan ASI eksklusif
  • 2019: Menghadirkan Andalan Feminine Care sebagai rangkaian perawatan kebersihan area kewanitaan berbahan alami, yang aman dan nyaman
  • 2019: Melindungi 8,5 juta perempuan setiap tahun dari kehamilan tidak direncanakan, serta mencegah 5.000 kematian bayi, dan 1.100 kematian ibu di Indonesia
  • 2020: Meluncurkan Andalan Fresh Intimate Wipes sebagai teman menjaga kebersihan area kewanitaan di setiap momen
  • 2021: Merilis rangkaian Pregnancy and Ovulation Test untuk membantu menentukan masa subur perempuan dan mendeteksi awal kehamilan, dan meluncurkan Andalan Gestin F2, sebagai KB Suntik 2 Bulanan pertama di Indonesia, Andalan Gestin F2.

Tentang DKT Indonesia
DKT Indonesia hadir sejak tahun 1996 dengan menghadirkan empat brand kontrasepsi: kondom Sutra (1996), Kontrasepsi Andalan (2000), kondom Fiesta (2003), dan juga Supreme Premium Condoms (2018). Pada tahun 2019, DKT Indonesia memperkuat perannya dalam industri kesehatan reproduksi, dengan menghadirkan Andalan Feminine Care, dan menjadikan Andalan sebagai One Stop Solution for Women Healthcare. DKT Indonesia berhasil melindungi lebih dari 8 juta pasangan setiap tahunnya dari kehamilan yang tidak direncanakan dan berkontribusi dalam menjalankan program perencanaan keluarga serta pencegahan infeksi menular seksual termasuk HIV/AIDS.

Media Contact:
Nurul Jannati R. PR Manager

(e): nurul@dktindonesia.org
(m): +62 81229 111 254

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

keunggulan kondom

4 Keunggulan Kondom Berbahan Lateks

Kondom berbahan lateks memiliki pori-pori yang sangat kecil sehingga transmisi segala mikroba atau patogen bisa diminimalisir. Fungsi kondom sebagai kontrasepsi dan mencegah terjadinya infeksi menular

Read More »