6 Alasan Krusial Mencegah Kehamilan di Tengah COVID-19

Di masa PSBB ini, banyak orang yang bekerja dari rumah. Salah satu efeknya, pasangan yang tinggal serumah punya lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama. Meskipun begitu, sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum berhubungan seks tanpa kontrasepsi. Soalnya, ini bukan momen yang tepat untuk punya anak. Selain karena ancaman virus corona itu sendiri, berikut 6 alasan krusial untuk mencegah kehamilan di tengah pandemik COVID-19:

  1. Kunjungan ke dokter untuk pemeriksaan kesehatan di masa kehamilan lebih sulit
    Karena tingginya kebutuhan akan tenaga medis di masa corona ini, banyak rumah sakit, puskesmas, dan klinik yang hanya melayani pasien dengan kondisi serius. Akibatnya, pelayanan medis lainnya sangat terbatas. Padahal, agar kehamilan aman, dibutuhkan beberapa kali kunjungan pemeriksaan ke dokter atau bidan (Griffey, 2010).
  2. Fasilitas pendukung persiapan kehamilan banyak yang sedang tutup
    Kelas yoga untuk pasangan hamil, kelas edukasi untuk calon orangtua, dan layanan fotografi kehamilan banyak yang sedang tutup. Fasilitas-fasilitas pendukung seperti tadi memang bukan sesuatu yang wajib ada, namun tentunya bisa membuat proses kehamilan lebih lancar dan lebih dinikmati. Sebaliknya dengan ketiadaan fasilitas-fasilitas pendukung, kehamilan bisa menjadi suatu proses yang menegangkan.
  3. Risiko gangguan kesehatan ketika hamil di masa COVID-19 lebih tinggi
    COVID-19 memiliki risiko penularan yang tinggi. Oleh karena itu, perempuan hamil harus menjalani rapid test /swab test / PCR test terlebih dahulu sebelum dilayani dokter. Banyak rumah sakit juga mewajibkan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dengan biaya yang dibebankan pada pasien. Akibatnya, banyak sekali biaya yang perlu dikeluarkan demi tetap bisa hamil dengan sehat.
  4. Bahan pangan dan vitamin langka serta semakin mahal harganya
    Sebagaimana diberitakan CNBC akhir April lalu (CNBC, 2020), saat harga masker kembali normal, harga vitamin justru semakin tinggi. Vitamin semakin susah didapatkan. Di samping itu, beberapa jenis bahan pangan juga mengalami kenaikan harga dan kelangkaan. Padahal, jika Anda dan pasangan sedang mempersiapkan kehamilan, Anda perlu memikirkan nutrisi serta vitamin untuk dikonsumsi agar calon bayi tumbuh sehat.
  5. Lebih rentan terhadap stres
    Di masa pandemik ini ada banyak sekali faktor penyebab stres. Beberapa di antaranya misalnya kecemasan terkait corona, kesulitan finansial, serta kejenuhan yang muncul karena harus di rumah terus. Perempuan hamil sebaiknya menghindari berbagai sumber stres, namun ini sangat sulit diterapkan di tengah krisis corona (Washington Post, 2020).
  6. Tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar ataupun membuat acara perayaan
    Saat hamil, Anda dan pasangan Anda mungkin ingin bersama keluarga besar untuk mendapatkan dukungan serta merayakan kehamilan dengan berbagai tradisi adat istiadat ataupun ritual agama. Akan tetapi, acara-acara seperti tadi tidak diperbolehkan di masa corona karena adanya kerumunan orang dikhawatirkan bisa menyebarkan virus. Oleh karena itu, jika ini penting bagi Anda, sebaiknya Anda dan pasangan mencegah kehamilan hingga wabah corona berlalu.

Baca juga : Mencegah Kehamilan Sambil Merawat Kulit dengan Pil KB, Lakukan … Hal Ini

Itulah 6 alasan krusial mencegah kehamilan di tengah COVID-19. Jika Anda ingin berkonsultasi, Anda bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB.  Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Chat kami melalui whatsapp whatsapp