Agar Keputihan Terkontrol, Bagaimana Caranya?

Agar keputihan terkontrol

Tak perlu risau dengan keputihan yang kamu alami. Keputihan normal memang alamiah terjadi terutama menjelang menstruasi.

Selama kondisinya baik-baik saja, yaitu tidak ada perubahan warna, bentuk, dan menimbulkan bau menyengat, itu merupakan keputihan biasa yang memang reaksi alamiah tubuh dalam membersihkan area genital wanita.

Baca Juga: Keputihan pada Remaja, Apakah Normal?

Namun, keputihan abnormal bisa terjadi kapan saja yang dipicu oleh berbagai faktor. Apapun pemicunya, yang pasti keputihan abnormal ini bisa dicegah kok, dengan berbagai langkah berikut ini:

  1. Gunakan pantyliner

    Agar pakaian dalam kamu tetap kering, gunakan pantyliner yang tepat. Ganti setiap beberapa jam, jangan digunakan sepanjang hari apalagi saat tidur. Karena bisa menyebabkan iritasi.

  2. Bersihkan vagina dari depan ke belakang

    Cara benar membersihkan vagina yaitu dari depan menuju ke belakang, bukan sebaliknya. Sebab jika salah arah, berpotensi masuknya bakteri dan kuman ke dalam vagina. Menyeka dari belakang ke depan bisa memicu terjadinya infeksi yang menyebabkan keputihan tidak normal.

  3. Bersihkan dengan air mengalir

    Setiap hari bersihkan area genital dengan air mengalir dan pembersih kewanitaan yang direkomendasikan oleh para ahli. Salah satunya dengan pembersih kewanitaan khusus seperti Andalan Feminine Care Intimate Wash.

  4. Gunakan celana dalam berbahan katun

    Hindari penggunaan celana ketat, legging, pakaian renang dalam waktu lama sebab bisa mengganggu keseimbangan pH vagina. Gangguan keseimbangan pH juga bisa dipicu oleh pakaian dalam berbahan sintetis seperti polyester. Bahan ini membuat vagina lembab.

  5. Berkemih setelah berhubungan

    Setelah berhubungan intim segera berkemih atau setidaknya membasuh vagina guna menghilangkan bakteri yang masuk, yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan perubahan pada keputihan.

  6. Gunakan pembalut tanpa pewangi

    Pembalut kewanitaan yang mengandung berwarna dan beraroma cenderung mengganggu keseimbangan pH vagina. Juga membuat vagina lembab yang memicu timbulnya bakteri pengganggu.

  7. Seks aman cegah PMS

    Lakukan hubungan seksual yang aman untuk mencegah terjadinya infeksi penyakit menular seksual (PMS) yang bisa menimbulkan keputihan abnormal. Gunakan kondom karena sangat efektif mencegah PMS saat berhubungan.

  8. Konsultasi ke dokter

    Jika kamu mengalami keputihan abnormal, segera hubungi dokter untuk dicari tahu penyebab dan diberikan terapi yang tepat. Jangan mendiagnosis apalagi mengobati sendiri, alih-alih menyembuhkan yang ada justru menambah parah keadaaan.

Itulah delapan cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keputihan tetap pada jalurnya. Lakukan secara rutin dan disiplin ya, agar vagina tetap sehat dan keputihan abnormal bisa dicegah sedini mungkin.

Baca Juga: Keputihan Tanda Hamil, Kenali Lebih Jauh Ciri-cirinya!

Jika mengalami kondisi yang mencurigakan, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter yang kompeten. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya