Keputihan Tanda Hamil, Kenali Lebih Jauh Ciri-cirinya!

ciri-keputihan-tanda-hamil

Keputihan adalah hal yang biasa dialami oleh setiap wanita. Semua wanita setidaknya pernah mengalami keputihan dalam satu periode hidupnya. Bahkan pada wanita yang masih subur, keputihan umum terjadi menjelang menstruasi. Nah, keputihan juga terjadi saat hamil, di mana banyak wanita hamil mengeluhkannya. Selain itu, keputihan juga bisa menjadi tanda kehamilan. Apa bedanya keputihan tanda hamil dengan keputihan biasa?

Baca Juga: Lima Rutinitas di Kamar Mandi untuk Mencegah Keputihan‎

Kebanyakan wanita tidak menyadari keputihan tanda hamil, karena terjadi di tahap sangat dini kehamilan, sehingga menganggap hanya keputihan biasa. Keputihan tanda hamil ini terjadi karena perubahan hormonal akibat peningkatan hormon estrogen dan progesteron yang dihasilkan plasenta serta meningkatnya aliran darah di vagina pada awal kehamilan.

Ciri-ciri keputihan tanda hamil

Keputihan pada awal kehamilan merupakan hal normal dan fungsinya untuk mencegah infeksi dari vagina ke rahim. Walaupun sekilas tampak sama, keputihan tanda hamil memiliki beberapa ciri yang berbeda dengan keputihan menjelang menstruasi.

Berikut ini ciri-ciri keputihan tanda hamil:

Tekstur keputihan lebih tipis. Mungkin tekstur keputihan tanda hamil mirip dengan keputihan biasa, di mana teksturnya lebih tipis. Jika kamu mendapati keputihan seperti ini, tanda normal. Keputihan tidak normal umumnya kental dan tebal, serta disertai gejala ian berupa gatal dan bau tidak sedap.

Warnanya putih, coklat, atau merah muda. Keputihan tanda hamil mungkin juga berwarna coklat atau merah muda. Pada awal kehamilan, itu bisa menjadi tanda pendarahan implantasi. Kemudian, bercak vagina selama kehamilan (bukan pendarahan berat) juga paling sering normal, terutama jika muncul setelah kamu berhubungan seks atau pemeriksaan panggul.

Keputihan dini di awal kehamilan ini sepenuhnya normal. Namun jika khawatir, bisa cek ke dokter.

Tips tentang apa yang harus dilakukan jika mengalami keputihan tanda hamil

Jika kamu mengalami keputihan di awal kehamilan atau selama hamil, tidak perlu melakukan hal berlebihan. Cukup lakukan perawatan rutin di vagina.

  • Mandi secara teratur dan kenakan celana dalam dengan lapisan katun yang menyerap keringat. Menjaga kebersihan dan mempertahankan vagina tetap kering akan membantu menjaga keseimbangan bakteri untuk mencegah infeksi vagina.
  • Kenakan pembalut jika keputihan berlebihan. Pembalut akan menyerap kelebihan cairan dan dapat membantu kamu merasa lebih nyaman. Hindari tampon, yang bisa menjadi jalan kuman masuk ke dalam vagina.
  • Hindari douching. Douching belum terbukti aman pada kehamilan dan harus dihindari sepenuhnya. Ini juga dapat mengganggu keseimbangan alami mikroorganisme di vagina dan menyebabkan vaginosis bakteri.
  • Gunakan cairan pembersih khusus kewanitaan yang aman, seperti Andalam Feminine Care, yang memiliki beberapa varian sesuai kebutuhan.

Kapan harus menghubungi dokter jika kamu curiga keputihan yang kamu alami di awal kehamilan adalah tanda keputihan yang tidak normal?

  • Keputihan berwarna kekuningan, kehijauan atau kental dan seperti keju
  • Vagina memiliki bau busuk atau amis
  • Bagian dalam vagina dan/atau vulva Anda terbakar atau gatal
  • Rasa terbakar saat buang air kecil
  • Nyeri saat berhubungan seks

Semua itu tanda kamu mengalami infeksi jamur atau bakteri yang diinduksi kehamilan yang dikaitkan dengan perubahan keseimbangan ragi dan bakteri di vagina. Dokter akan meresepkan pengobatan, seperti obat antijamur atau antibiotik, untuk menghilangkan gejala dan mengembalikan keseimbangan kondisi vagina.

Keputihan yang tidak normal juga bisa menjadi tanda penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore atau trikomoniasis, yang kesemuanya memerlukan diagnosis dan pengobatan cepat.

Tetapi jika keputihan normal, yakinlah bahwa keputihan sebagai tanda kehamilan ini justru memiliki tugas mulia untuk melindungi kamu dan bayi di dalam kandungan.

Baca Juga: Resah Gelisah karena Keputihan Berulah

Kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp untuk mengetahui lebih lanjut tentang keputihan dan pencegahannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya