Alasan Tepat Pilih Menstrual Cup

alasan-memilih-menstrual-cup

Penggunaan menstrual cup kini tengah menjadi tren di kalangan anak muda wanita saat menstruasi tiba. Pilihan ini bukan tanpa alasan lho atau sekadar mengikuti tren belaka. Apa saja sih alasannya? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Baca Juga: Enam Hal Seputar Menstrual Cup yang Harus Dihindari

Menstrual cup merupakan wadah kecil berbentuk corong yang berfungsi menampung darah menstruasi. Pengganti pembalut ini memang tengah menjadi tren yang dipilih para wanita terutama mereka yang peduli pada lingkungan. Sebab salah satu kelebihan menstrual cup yaitu bisa digunakan berulang kali, tidak seperti pembalut yang sekali pakai lalu dibuang. Hal ini jelas menambah tumpukan sampah yang kian hari kian menggunung.

Selain faktor lingkungan yang menjadi perhatian utama, ada sejumlah alasan mengapa wanita modern memilih menstrual cup saat menstruasi setiap bulannya ketimbang pembalut konvensional.

Berikut alasan tepat di balik pilihan menstrual cup :

  1. Hemat biaya
    Karena pemakaiannya yang berulang, tentu saja pembelian menstrual cup jauh lebih hemat dari pembelian pembalut yang dilakukan setiap bulan. Satu buah menstrual cup ternyata bisa digunakan hingga 12 jam, tak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk biaya pembelian pembalut. Coba hitung berapa biaya yang mesti kamu keluarkan setiap bulannya untuk pembelian pembalut? Bandingkan dengan pembelian menstrual cup yang cukup hanya sesekali saja? Dari selisih ini bisa dibayangkan berapa biaya yang bisa kamu hemat. Ekonomis bukan?
  2. Mengurangi sampah
    Seperti yang sudah disebutkan di atas, penggunaan menstrual cup sangat menguntungkan bagi lingkungan karena mampu mengurangi sampah pembalut yang digunakan setiap bulannya. Bayangkan, berapa banyak wanita di muka bumi ini yang menggunakan pembalut setiap bulannya? Berapa kubik sampah yang dihasilkan dari gundukan pembalut tersebut? Andai sepertiga saja wanita beralih dari pembalut ke menstrual cup, akan sangat banyak volume sampah yang bisa dikurangi. Jadi, buat kamu yang telah beralih ke menstrual cup, kamu termasuk pejuang yang ikut andil menyehatkan bumi. Yuk, berkontribusi selamatkan bumi lewat pilihan pribadi mulai hari ini.
  3. Lebih nyaman
    Salah satu respons baik dari penggunaan menstrual cup adalah rasa nyaman yang ditimbulkan dibanding dengan penggunaan pembalut atau tampon. Sebab menstrual cup tidak membuat vagina kering, sehingga jadi lebih nyaman. Keluhan ini memang lazim disuarakan para wanita karena vagina yang kering sangat mengganggu dan berisiko mengganggu ekosistem sehat yang ada di area kewanitaan.
  4. Mengurangi kram
    Sejumlah laporan menyebutkan mereka yang menggunakan menstrual cup lebih sedikit mengeluhkan kram yang biasanya dialami selama periode menstruasi, dibanding saat mereka masih menggunakan pembalut atau tampon. Hal ini tentu saja menjadi kabar baik sehingga mengurangi ketidaknyamanan dalam bentuk kram yang dirasakan. Bagi sebagian orang, kram saat menstruasi sangat mengganggu namun sulit sekali dihindari.

Nah, itulah sejumlah alasan baik di balik keputusan beralih dari pembalut konvensional ke produk menstrual cup yang lebih modern, praktis dan tentu saja sangat ekonomis. Buat kamu yang masih ragu untuk meninggalkan pembalut, semoga setelah membaca artikel ini jadi semakin yakin dengan pilihan menstrual cup. Jangan ragu lagi ya, sebab ada banyak manfaat di balik penggunaan menstrual cup yang kini jadi pilihan wanita modern.

Baca Juga: Pertanyaan yang Paling Sering Muncul Tentang Menstrual Cup

Untuk kamu yang masih ragu dengan penggunaan menstrual cup ini, atau kamu mengalami masalah seputar menstruasi, bisa berkonsultasi dengan dokter ahli, dengan cara menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya