Apa itu Kondom Wanita?

Apa itu kondom wanita

Kondom identik dengan pria. Tapi kini ada lho kondom wanita atau disebut juga kondom internal. Kondom wanita adalah alat kontrasepsi yang bertindak sebagai penghalang dan mencegah sperma agar tidak memasuki rahim. Kondom wanita ini termasuk alat kontrasepsi dan juga mencegah penularan infeksi menular seksual (IMS).

Kondom wanita berbentuk kantong yang lembut dan longgar dengan cincin pada ujungnya. Bagian cincin ini dimasukkan ke dalam vagina dan menahan kondom wanita tidak bergeser dan tetap di tempatnya.

Baca Juga: Agar Penggunaan Kondom Lebih Memuaskan Saat Bercinta

Kondom wanita terbuat dari lateks sintetis sehingga aman bagi mereka yang alergi terhadap lateks karet alami. Kondom wanita juga sudah dilumasi sebelumnya dengan pelumas berbasis silikon.

Berikut beberapa manfaat kondom wanita:

  • Efektif mencegah kehamilan jika dipasang dengan benar
  • Menawarkan perlindungan dari penularan IMS
  • Bisa dibeli secara bebas dan tidak perlu keahlian khusus untuk pemasangannya
  • Dapat dipasang hingga delapan jam sebelum berhubungan seks
  • Jarang menyebabkan reaksi alergi dan memiliki risiko efek samping yang minimal
  • Tidak memerlukan kerja sama pasangan atau penis yang ereksi seperti halnya kondom pria

Meskipun cukup efektif mencegah kehamilan, namun selalu ada risiko kebocoran. Menurut penelitian, 21 dari 100 wanita akan hamil dalam satu tahun dengan penggunaan kondom wanita. Kegagalan umumnya karena tidak selalu menggunakan kondom wanita setiap kali berhubungan seks, atau pemasangan yang salah.

Kondom wanita memiliki tingkat kegagalan yang lebih tinggi daripada kondom pria. Kegagalan kondom berarti kemungkinan tertular infeksi menular seksual atau hamil juga tinggi.

Penyebab kegagalan kondom wanita di antaranya:

  • Kondomnya pecah
  • Kondom terlepas dari vagina
  • Penis tergelincir di antara vagina dan permukaan luar kondom
  • Cincin luar kondom terdorong ke dalam vagina saat berhubungan seks

Sebelum menggunakan kondom wanita, baca instruksi dengan seksama. Pastikan kondom belum melewati tanggal kadaluarsa dan tidak ada tanda kerusakan seperti robekan atau lubang kecil.

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Cara Menentukan Ukuran Kondom yang Tepat

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya