Jangan Keliru, Ini Cara Menentukan Ukuran Kondom yang Tepat

menentukan-ukuran-kondom

Seperti halnya pakaian, memakai kondom juga harus disesuaikan ukurannya. Begini cara menentukan ukuran kondom yang tepat!

Memakai kondom terlalu besar bisa menyebabkannya terlepas saat dipakai, sedangkan ukuran yang terlalu kecil beresiko membuatnya sobek. Untuk kenyamanan dan perlindungan, selalu gunakan kondom yang ukurannya pas.

Baca Juga: Tujuh Keuntungan Memakai Kondom sebagai Alat KB

Ukuran kondom ditentukan oleh panjang dan diameter penis ketika ereksi. Cara mengukurnya:

  • Untuk panjang: Pegang satu sisi meteran atau penggaris ke tulang pubis (dekat organ kelamin) lalu ukur sampai ke ujung penis.
  • Untuk diameter: Gunakan sehelai benang atau meteran yang lembut, lalu secara perlahan lilitkan ke bagian yang paling tebal dari penis saat ereksi. Kemudian lepaskan lilitannya dan ukur panjangnya.

Setelah mendapatkan dua ukuran tersebut, cek beberapa merek kondom yang memiliki ukuran sesuai.

Produsen kondom menggunakan istilah yang berbeda-beda untuk menggambarkan ukuran kondom. Misalnya ada brand yang menyebut sebuah ukuran dengan “besar” sementara merek lainnya “ukuran standar”. Karenanya tetaplah berpatokan pada ukuran yang sudah kamu miliki.

Setelah menemukan merek kondom yang memiliki ukuran sesuai, kamu mungkin perlu membeli beberapa untuk dicoba. Ini akan menjadi kesempatan untuk mengenali mana kondom yang paling nyaman, pas, dan juga memberi sensitivitas.

Namun, kondom yang beredar di Indonesia saat ini biasanya telah disesuaikan dengan ukuran penis pria di Indonesia.

Selain ukuran, ada beberapa fitur kondom yang harus diperhatikan:

  • Material: material kondom biasanya adalah lateks, polyurethane, polyisoprene, dan kulit domba. Kamu bisa mencoba berbagai jenis untuk menemukan yang paling cocok dan nyaman.
  • Desain: Ada beragam tekstur dan ukuran kondom sehingga bisa memenuhi preferensi masing-masing.
  • Termasuk lubrikasi: Beberapa merek kondom menggunakan pelumas (lubrikan). Material ini akan meningkatkan sensitivitas dan kenikmatan.

Baca Juga: Jangan Pernah Memakai Ulang Kondom Bekas

Kamu bisa langsung berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya