Atasi Gangguan Mood saat Menstruasi‎

Gangguan mood menstruasi

Selain perdarahan dan gangguan fisik lainnya, saat menstruasi juga terjadi ‎ketidakseimbangan hormon yang memicu gangguan mood hingga naik turunnya emosi.

Inilah yang disebut dengan gejala premenstrual syndrome (PMS). Gejalanya muncul sekitar ‎satu minggu sebelum menstruasi tiba. Beberapa orang merasa lebih murung, cepat lelah, ‎sensitif dari biasanya. Perubahan suasana hati ini memang terjadi tanpa sebab yang jelas.

Baca Juga: 9 Hal Ini bisa Mengurangi Mood Swing Menjelang Menstruasi

Mengapa terjadi?

Para ahli menduga kondisi PMS terjadi efek dari fluktuasi hormonal selama periode siklus ‎menstruasi. Proses ovulasi menyebabkan kadar estrogen dan progesteron turun. Perubahan ‎inilah yang memicu terjadinya gejala fisik dan emosional.

Perubahan hormonal tersebut juga mempengaruhi kadar serotonin, yang mengatur suasana ‎hati, siklus tidur juga nafsu makan seseorang.

Rendahnya kadar serotonin ini terkait dengan perasaan sedih dan mudah tersinggung serta ‎munculnya keinginan mengkonsumsi makanan yang tidak biasa.

Strategi antisipasi

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi gangguan mood jelang ‎menstruasi. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Kenali gejalanya

    Mulailah mencatat siklus menstruasi. Kenali tahapannya, dengan mencatat setiap perubahan yang terjadi sesuai jadwal atau tanggal di kalender. Pastikan perubahan mood yang terjadi memang terkait dengan siklus menstruasi. Catatan yang detail akan membantu menemukan pola gejala PMS setiap periodenya. Sehingga bisa diantisipasi dengan tetap menjaga hati untuk selalu realistis dan sekuat tenaga mengendalikan emosi yang muncul.

  2. Pilih jenis kontrasepsi yang tepat

    Bagi kamu yang sudah menikah, pilihan alat kontrasepsi menjadi penting sebab berpengaruh pada siklus menstruasi. Konsultasikan ke dokter jenis alat kontrasepsi apa yang cocok dengan karakter tubuh dan kondisi psikis. Dalam hal ini kontrasepsi hormonal dapat membantu menghilangkan gejala PMS yang mungkin terjadi setiap bulannya.

  3. Vitamin

    Beberapa vitamin dapat membantu meredakan gangguan mood terkait PMS. Seperti kalsium yang banyak terkandung dalam susu, yogurt, sayuran berdaun hijau. Juga Vitamin B-6 yang terdapat pada ikan, ayam, buah-buahan.

  4. Olahraga

    Jelang menstruasi, tambah durasi olahraga setidaknya 30 menit lebih banyak dari biasanya. Olahraga ringan seperti jalan kaki, dapat membantu mengatasi gangguan emosional, mudah tersinggung, dan problem kecemasan karena PMS.

  5. Tidur cukup

    Kurang tidur tidak hanya mempengaruhi fisik tapi juga pikiran dan perasaan. Karena itu, jelang menstruasi datang pastikan kamu tidur cukup selama 7-8 jam setiap malam untuk menjaga kondisi tubuh dan pikiran tetap prima.

Baca Juga: Delapan Kondisi yang Memicu Gangguan Siklus Menstruasi‎

Itulah lima langkah antisipasi berdamai dengan gangguan ‎mood terkait dengan PMS. ‎Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya. Jika kamu mengalami gejala PMS yang jauh ‎lebih berat, kamu bisa menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link ‎berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp. Dapatkan konsultasi gratis dengan para ahli yang ‎kompeten.‎

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya