9 Hal Ini bisa Mengurangi Mood Swing Menjelang Menstruasi

mengatasi mood swing menstruasi

Who runs the world? Girls! Ya, karena kita selalu punya cara mengendalikan situasi, termasuk mengatasi mood seing menjelang menstruasi.

Perubahan suasana hati menjelang menstruasi seperti naik roller coaster. Naik turun, dengan letupan emosi yang campur aduk. Tapi kita perempuan, selalu punya cara untuk merangkul mood swing menjelang menstruasi, layaknya memeluk sahabat yang kadang menyebalkan.

Baca Juga: Kapan Kembali Menstruasi Setelah Melahirkan?

Harus kita sadari, mood swing adalah hal yang alamiah. Ini adalah salah satu gejala PMS (premenstrual syndrome) yang paling umum. Kita tidak bisa mengendalikan kemunculan mood swing, karena ini berkaitan dengan fluktuasi hormon dan perubahan neurotransmitter di otak, yang terjadi menjelang menstruasi. Namun tentu saja, kita tidak akan menyerah begitu saja. Ada kok yang bisa kita lakukan untuk mengurangi mood swing menjelang menstruasi, contohnya di bawah ini.

9 Hal untuk Mengurangi Mood Swing Menjelang Menstruasi

Yakin, kamu pasti sudah punya cara tersendiri untuk mengendalikan si mood swing menjelang menstruasi, agar tidak terlalu “liar”. Nah, 7 hal berikut ini bisa menambah inspirasi buatmu.

  1. Berolahraga

    Berolahraga akan melepaskan endorfin, yang akan membantu memperbaiki mood. Di samping itu, berolahraga juga meningkatkan energi, serta bisa mengurangi kram dan kembung menjelang/saat menstruasi. Disarankan melakukan olahraga yang bersifat aerobik seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda. Di masa pandemi, kamu bisa bersepeda statis di rumah. Kalau belum terbiasa berolahraga, mulailah dengan intensitas ringan, dan waktu yang singkat ya.

  2. Cukup tidur

    Sudah pasti, kurang tidur akan memperburuk mood kamu. Usahakan hindari begadang, serta cukup tidur dan istirahat ya, agar pikiran lebih fresh.

  3. Makan sering dalam porsi kecil

    Makan sering dalam porsi kecil akan menjaga gula darah stabil sepanjang hari. Ini akan sangat membantu mengurangi mood swing. Sebaliknya, fluktuasi gula darah bisa memperburuk mood swing. Jadi, sebaiknya hindari makan sekaligus dalam porsi besar ya.

  4. Mengurangi makanan manis

    Alasannya seperti di atas: untuk menjaga gula darah stabil. Makanan manis yang tinggi gula sederhana akan membuat gula darahmu melonjak naik, dan cepat menukik turun. Fluktuasi gula darah sama buruknya dengan fluktuasi hormon dalam memicu mood swing. Kalau ingin yang manis, kamu bisa menggantinya dengan buah.

  5. Perbanyak makan sayur dan buah

    Sayur dan buah kaya akan berbagai vitamin dan mineral, yang penting untuk mendukung kondisi tubuhmu. Penuhi juga kebutuhan zat besi dan kalsium, karena bisa membantu meringankan mood swing.

  6. Menghindari kafein

    Kamu sebaiknya menghindari sumber kafein tinggi seperti kopi ketika PMS. Sebabnya, kopi bisa membuatmu merasa cemas, gugup, dan insomnia. Semua ini bisa memperburuk mood swing. Kafein termasuk 5 makanan yang sebaiknya dihindari saat PMS dan saat menstruasi, seperti bisa kamu baca di sini.

  7. Makan cokelat

    Cokelat bisa meningkatkan serotonin dan dopamin di otak, yang membuatmu lebih rileks dan tenang. Baca 5 alasan makan cokelat ketika menstruasi di sini.

  8. Mendengarkan lagu kesayangan

    Musik dan lagu berperan besar lho terhadap perasaan dan suasana hati kita. Mendengarkan lagu favoritmu, atau lagu yang relate dengan suasana hatimu, bisa membantumu menghadapi mood swing.

  9. Mengelola stres

    Pastinya, ini penting sekali untuk mengatasi mood swing. Meditasi, mengambil napas dalam, dan yoga adalah contoh yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres. Intinya, kamu perlu mencari cara untuk mengelola stres dengan baik, agar tidak memperburuk mood swing.

Baca Juga: Menstruasi yang tak Kunjung Terjadi

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya