Benarkah Jerawat Membandel Bisa Diatasi dengan Pil KB?

Tangani jerawat dengan kb

Jerawat yang membandel seringkali disebabkan karena gangguan hormonal, sehingga pil KB disebut-sebut cukup efektif untuk mengatasinya.

Jerawat menjadi masalah kulit yang banyak dikeluhkan, tidak hanya di usia remaja tapi juga sampai dewasa. Terkadang walau sudah rajin membersihkan wajah dan memakai skincare, jerawat tetap muncul.

Baca Juga: Pil KB 21 Hari dan 28 Hari, Apa Bedanya Ya?

Banyak orang belum memahami bahwa hormon sangat berperan dalam tumbuhnya jerawat, terutama di usia pubertas. Di usia ini, perubahan hormonal dapat merangsang kelenjar minyak di bagian wajah, dada, bahkan punggung.

Itu sebabnya para dokter kulit kerap meresepkan pil kontrasepsi untuk mengatasi jerawat membandel yang tidak sembuh dengan obat jerawat biasa.

Bagaimana cara kerjanya

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif pil KB untuk mengatasi jerawat. Hasilnya, pil kontrasepsi cukup efektif mengatasi komedo hitam dan komedo putih, serta jerawat.

Penelitian juga menyebutkan bahwa pil KB kombinasi dapat mengurangi peradangan pada jerawat.

Karena itulah Badan Obat dan Makanan AS (FDA) memberi persetujuan pil KB untuk mengatasi jerawat.

Pil KB mengandung hormon sintesis yang dapat mencegah sperma membuahi sel telur. Nah, hormon tersebut juga bisa membantu mengurangi jerawat dengan cara menekan sirkulasi androgen sehingga produksi kelenjar minyak menurun.

Pil KB secara umum aman untuk perempuan, walau begitu tidak semua orang bisa mengonsumsinya. Sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter kulit untuk mengetahui pil apa yang aman dan efektif untuk masalah jerawat.

Selain itu perlu dipahami bahwa dibutuhkan waktu beberapa minggu sampai 2 bulan untuk melihat adanya perubahan signifikan pada jerawat. Hal ini terjadi karena butuh waktu untuk terjadinya perubahan hormone dalam tubuh.

Baca Juga: Tujuh Keuntungan Memakai Kondom sebagai Alat KB

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya