Pil KB 21 Hari dan 28 Hari, Apa Bedanya Ya?

Pil KB 21 hari

Jangan bingung, ini bedanya pil KB 21 hari dan 28 hari.

Sedang mempertimbangkan pil KB untuk mencegah kehamilan? Pil KB memang salah satu pilihan yang OK untuk usia 20-30an. Begitu kamu dan suami memutuskan untuk punya anak, kamu bisa langsung menghentikan konsumsi pil, dan kesuburan pun akan segera kembali. Nah ketika memilih-milih pil, mungkin kamu bingung, kok ada pil KB 21 hari, dan ada yang 28 hari. Apa sih bedanya? Yuk, cari tahu dari penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Sampai Berapa Lama Kita Boleh Gunakan Pil KB?

Pil KB 21 Hari vs 28 Hari

Sebelum kita membahas perbedaan pil KB 21 hari dan 28 hari, ada baiknya mengulas sedikit bagaimana cara pil KB bekerja. Pada dasarnya, pil KB mencegah kehamilan dengan tiga cara. Pertama, hormon yang terkandung dalam pil KB menjaga kadar hormon dalam tubuh stabil, sehingga tidak terjadi ovulasi. Tanpa ovulasi, tentu tidak akan terjadi pembuahan sel telur oleh sperma.

Selanjutnya, pil KB membuat lendir pada serviks (leher rahim) menjadi lebih kental, sehingga menghambat mobilitas sperma untuk menemukan sel telur. Ketiga, pil KB juga membuat endometrium (lapisan dinding rahim) menjadi lebih tipis, sehingga seandainya tetap terjadi pembuahan, sel telur yang telah dibuahi akan sulit melekat di endometrium.

Secara umum, pil KB mengandung dua hormon, yaitu estradiol (estrogen sintetis) dan progestin (progesteron sintetis). Nama estradiol dan progestin pada tiap pil Kb bisa berbeda-beda, tergantung merknya.

Nah, apa dong bedanya pil KB 21 hari dan 28 hari? Sebenarnya, pil KB diminum selama 21 hari. Pada pil 21 hari, kemasan hanya berisi 21 butir pil aktif. Pil jenis ini diminum pertama kali pada menstruasi hari kelima, baik mens sudah berhenti ataupun belum. Setelah kamu minum pil selama 21 hari, biasanya akan terjadi menstruasi pada hari 2-4 setelah pil terakhir. Beri jeda waktu 7 hari setelah pil terakhir, baru mulai minum pil untuk periode 21 hari berikutnya, dan seterusnya. Contoh pil KB 21 hari misalnya Pil KB Elzsa dari Andalan.

Bagaimana dengan pil 28 hari? Pil aktif yang berisi hormon juga hanya 21 pil, tapi ada tambahan 7 pil tanpa kandungan hormon. Jadi, pil KB 28 hari diminum setiap hari tanpa jeda, karena ada tambahan 7 pil, yang biasanya berisi vitamin. Pil KB 28 hari mulai diminum di hari pertama kamu menstruasi. Ini mungkin lebih cocok untuk kamu yang pelupa, karena bila ada jeda tanpa minum pil selama 7 hari bisa membuatmu lupa akan rutinitas minum pil. Dan begitu saatnya mulai minum lagi, bisa jadi kamu bisa.

Pil KB 28 hari misalnya Pil KB Andalan, dan Pil KB Andalan Fe yang mengandung zat besi untuk mencegah anemia saat menstruasi.

Untuk tata cara minum pil KB, baik pil KB 21 hari maupun 28 hari, kamu cukup mengikuti tanda panah yang terdapat pada bagian belakang kemasan. Agar efektivitas pil KB optimal, usahakan minumlah pil pada jam yang sama setiap hari ya.

Baca Juga: Siklus Menstruasi Tidak Teratur, bisa Dibantu dengan Pil KB?

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya