Benarkah Masturbasi Meningkatkan Imunitas?

Masturbasi tingkatkan imunitas

Di masa pandemi ini, imunitas jadi hal sangat penting yang menentukan kemampuan tubuh melawan serangan COVID 19. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendongkrak imunitas, salah satunya melalui aktivitas seksual.

Kehidupan seks yang sehat tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, melainkan juga bagi pikiran, mengurangi stress, meningkatkan kualitas tidur dan aspek psikologis lainnya.

Baca Juga: Ssst, Masturbasi bisa Menunjang Fungsi Seksual Lho

Itulah sebabnya, setiap individu idealnya menjaga kehidupan seksnya tetap aman dan terkendali. Bagi mereka yang sudah menikah, barangkali tidak terlalu masalah. Tetapi bagi kamu yang masih sendiri, bagaimana caranya?

Masturbasi mungkin jadi jawaban atas pertanyaan di atas. Jangan khawatir, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa seks yang dilakukan secara sendiri sama sehatnya dengan kenikmatan seksual bersama pasangan.

Penelitian yang dilakukan tahun 2004 terhadap 11 pria yang terbit di jurnal Neuroimmunomodulation menyebutkan bahwa gairah seksual dan orgasme mengaktifkan komponen sistem kekebalan tubuh.

Manfaatnya sama besarnya

Kendati penelitian ini sangat kecil, para peneliti menemukan bahwa masturbasi mampu meningkatkan jumlah mediator inflamasi yang disebut leukosit (sel darah putih) dan sel pembunuh alami. Keduanya melawan infeksi sebagai bagian dari respons imun tubuh.

Jennifer Berman, MD, seorang ahli kesehatan seksual menyebutkan, bahwa secara umum, orgasme baik dengan pasangan atau tanpa pasangan, dalam hal ini masturbasi, memiliki manfaat yang sama terhadap kesehatan seseorang.

“Seks mengurangi stress,” ujar Britney Blair, PsyD, pakar psikologi klinis dan pendiri The Clinic, sebuah klinik terapi seks di California Utara. Menurutnya, seks dalam hal ini berlaku secara umum baik dilakukan bersama pasangan maupun seks solo atau masturbasi.

“Sama seperti olahraga, seks sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, paru-paru dan sistem imunitas tubuh. Selain itu bagus pula untuk meningkatkan kualitas tidur karena memungkinkan untuk tidur nyenyak lebih cepat. Jadi, secara keseluruhan masturbasi sangat bagus untuk kesehatan seseorang,” papar Blair.

Baca Juga: Sering Masturbasi Menyebabkan Libido Tinggi

Nah, buat kamu para jomblo di luar sana, jangan kecil hati. Ternyata masturbasi sama besar kok manfaatnya bagi kesehatan dan meningkatnya imunitas yang sangat dibutuhkan saat ini. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya