Berbeda dengan di Masa Lalu, Ini 4 Kemudahan Program Keluarga Berencana di Era Modern

Dengan kemajuan sains dan teknologi, kontrasepsi telah banyak berkembang. Dibandingkan dengan pengguna kontrasepsi di masa lalu, pengguna kontrasepsi di era modern jauh lebih diuntungkan. Berikut 4 kemudahan program Keluarga Berencana di era modern yang tidak bisa dinikmati oleh generasi-generasi sebelum kita.

  1. Lebih mudah diakses
    Dulu, akses kontrasepsi sangat terbatas. Pada tahun 1960-an, bahkan negara maju seperti Inggris pun masih membatasi akses pil KB hanya bagi pasangan yang sudah menikah saja (Witton, 2019), apalagi di negara-negara berkembang. Padahal, pil KB dibutuhkan oleh banyak perempuan tidak hanya untuk mencegah kehamilan, namun juga untuk mengatasi keluhan-keluhan seperti premenstrual syndrome (PMS), premenstrual dysphoric syndrome (PMDD), endometriosis, dan ketidak-stabilan hormon. Sekarang, pil KB mudah didapatkan dengan resep dokter, baik bagi yang sudah menikah maupun belum. Suntik KB, pemasangan implan, dan pemasangan IUD pun diperbolehkan bagi siapapun, asalkan sesuai dengan kondisi kesehatan. Masyarakat bisa mengakses kondom secara bebas. Informasi mengenai kontrasepsi pun tidak lagi tabu dan dapat diperoleh dengan gampang dari internet.
    Berbeda dengan di Masa Lalu, Ini 4 Kemudahan Program Keluarga Berencana di Era Modern
  2. Lebih efektif
    Dulu, orang menggunakan diafragma dan spons untuk mencegah kehamilan. Efektivitasnya sangat rendah. Tingkat kegagalan spons bisa mencapai 30% (Dweck & Westen, 2017). Sekarang, orang-orang sudah beralih ke kondom yang efektivitasnya relatif lebih tinggi. Bila mengikuti instruksi secara tepat dan konsisten, efektivitas kondom bisa mencapai 98% (NHS UK). Kondom pun bisa melindungi penggunanya dari infeksi menular seksual (IMS), suatu keunggulan yang belum ada di masa lalu. Selain kondom, ada pula KB suntik, IUD, dan KB implan yang memiliki efektivitas lebih tinggi lagi, karena penggunaannya dibantu oleh tenaga medis terlatih.
    Berbeda dengan di Masa Lalu, Ini 4 Kemudahan Program Keluarga Berencana di Era Modern
  3. Lebih aman, nyaman, dan minim efek samping
    Ketika baru diciptakan, kadar hormon dalam pil KB tinggi sekali, 10 mg progesteron dan 0,15 mg estrogen, jauh melebihi yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah kehamilan (Witton, 2019). Tidak mengherankan jika saat itu efek samping dari pil KB banyak sekali. Sekarang, dosisnya jauh lebih kecil. Pil KB Andalan, misalnya, hanya mengandung 0,15 mg Levonorgestrel (progesteron) dan 0,03 mg Etinilestradiol (estrogen). Alhasil, pil KB masa kini lebih aman bagi tubuh dan minim efek samping. Metode-metode KB modern lainnya pun lebih aman dan nyaman digunakan. Bila dulu kondom sangat tebal dan terbuat dari usus hewan, sekarang kondom sangat tipis dan terbuat dari lateks yang halus dan nyaman. Dengan Kondom Fiesta Ultra Thin, misalnya, hubungan seks lebih aman, nyaman, dan terasa seperti tidak memakai apapun.
    Berbeda dengan di Masa Lalu, Ini 4 Kemudahan Program Keluarga Berencana di Era Modern
  4. Lebih bervariasi
    Di era modern ini, Anda bisa memilih mulai dari kondom, pil KB, suntik KB, implan, hingga IUD. Bila tidak cocok dengan salah satu metode, Anda bisa dengan mudah beralih ke metode yang lain. Tiap metode pun memiliki fitur unik yang berbeda-beda. Misalnya, kondom ada yang bertekstur, beraroma, dan memiliki pelumas khusus hingga membuat seks lebih tahan lama. Pil KB pun demikian, ada yang hanya berisi pil KB saja, ada pula yang ditambah dengan suplemen zat besi untuk mencegah anemia saat menstruasi, seperti Pil KB Andalan FE. Kenikmatan-kenikmatan ini tidak dirasakan oleh generasi pendahulu Anda di masa lalu, sebab jenis kontrasepsi dulu lebih terbatas daripada sekarang.
    Berbeda dengan di Masa Lalu, Ini 4 Kemudahan Program Keluarga Berencana di Era Modern

Baca juga : 4 Metode Keluarga Berencana yang Paling Praktis untuk Mendukung Karir Anda

Begitulah kemudahan program Keluarga Berencana (KB) di era modern. Jika ingin berkonsultasi, Anda bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB.  Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
WhatsApp chat