Cara Hilangkan Bau Berlebih pada Vagina

Bau berlebih pada vagina

Selain perubahan warna menjadi lebih pekat, ciri lainnya dari keputihan tidak normal adalah munculnya bau berlebihan pada vagina.

Baca Juga: Penyebab Vagina Kering Saat Hamil

Bau tak sedap ini tentu saja sangat mengganggu. Bahkan sukses menurunkan rasa percaya diri seseorang. Nah, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau tak sedap tersebut. Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Jaga kebersihan

    Pastikan kebersihan area sekitar vagina terjaga dengan baik. Gunakan kain usap yang lembut dan sabun mandi untuk membersihkan sisa kulit mati, keringat, dan kotoran di sekitar pangkal paha yang mengapit vagina. Untuk vagina sendiri cukup bersihkan dengan air mengalir, jangan gunakan sabun mandi yang beraroma dan berbahan kimia yang dapat mengganggu pH alami vagina.

  2. Ganti pakaian dalam

    Jika kamu biasa mengenakan celana dalam berbahan satin, sutra atau polyester, beralihlah ke bahan katun. Sebab karakter bahan katun sangat baik dalam menyerap keringat dan cairan dari tubuh. Kelembaban yang berlebihan dapat mengganggu tingkat bakteri alami dan menyebabkan infeksi.

  3. Pahami pH pada produk pembersih

    Produk pembersih area kewanitaan yang dijual bebas dan dapat membantu memulihkan pH alami sangat banyak pilihan. Teliti dan pahami kandungan pH produk-produk tersebut agar kamu tidak salah pilih. Salah pilih produk, bisa membahayakan vagina dan justru menambah masalah baru.

  4. Bijak gunakan essential oil

    Beberapa produk essential oil memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membantu mengurangi dan menghilangkan bakteri dan bau pada vagina. Namun, jangan sembarangan menggunakannya tanpa petunjuk medis. Sebab kulit vagina yang sangat sensitif rentan terkena iritasi. Pastikan gunakan essential oil di area genital atas rekomendasi dokter.

Baca Juga: Vagina Berbau Amis Tanda Infeksi Menular Seksual?

Itulah langkah yang bisa kamu lakukan di rumah guna mendapatkan vagina yang sehat dan tak berbau sehingga terhindar dari keputihan berlebihan. Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya