Vagina Berbau Amis Tanda Infeksi Menular Seksual?

Vagina berbau amis

Aroma khas vagina memang berubah-ubah seiring dengan siklus menstruasi. Tetapi, vagina berbau amis sebaiknya jangan diabaikan karena itu bisa menunjukkan ada masalah kesehatan tersembunyi, termasuk infeksi menular seksual.

Penyebab tersering vagina berbau adalah bacterial vaginosis atau pertumbuhan flora bakteri vagina yang tidak seimbang.

Baca Juga: Cara Hilangkan Bau Berlebih pada Vagina

Infeksi menular seksual (IMS) Trichomoniasis juga dapat menyebabkan vagina berbau tidak sedap, demikian pula dengan klamidia dan gonore.

Secara umum jika bau tak sedap itu tanpa diikuti dengan gejala lain, bisa dibilang itu hal yang normal. Kemungkinan disebabkan karena vaginitis (peradangan di vagina yang disebabkan bakteri), tampon yang tertinggal, atau kebersihan organ genital yang buruk.

JIka kamu mengalami gejala tambahan berikut ini, segera periksakan ke dokter:

  • Keputihan
    Keluarnya cairan baik itu bening atau berwarna lebih pekat adalah hal yang normal dan sehat. Namun, jika keputihan itu menyebabkan rasa gatal atau sensasi terbakar, itu merupakan tanda infeksi. Waspadai jika cairan keputihan itu berwarna kuning kehijauan, atau pun putih.
  • Urin berbau amis
    Aroma amis dari urine bisa disebabkan karena infeksi saluran kemih. Bakteri dari infeksi bisa mengkontaminasi urine dan menyebabkan berbau tidak sedap. Gejala lain biasanya rasa panas saat buang air kecil atau sedikit nyeri.
  • Bau amis setelah berhubungan seksual
    Bau amis yang disadari setelah berhubungan seksual biasanya merupakan gejala vaginitis. Berhubungan seks bisa memperparah infeksinya.
  • Gatal, iritasi, dan ada sensasi rasa panas
    Jika kamu mengalami rasa gatal, iritasi, dan rasa panas, selain aroma vagian yang berbau amis, periksakan ke dokter.

Baca Juga: Penyebab Vagina Kering Saat Hamil

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya