CDC: Pakai Kondom Agar Oral Seks Tetap Aman

Oral seks tetap aman

Tetap gunakan kondom ketika melakukan seks oral karena ada beberapa infeksi menular seksual dapat ditularkan melalui aktivitas seks oral.

Ternyata banyak infeksi menular seksual dapat ditularkan melalui aktivitas seks oral yang kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Penyakit infeksi menular seksual itu adalah sifilis, gonorrhoea, klamidia, herpes dan HIV. Penelitian membuktikan, infeksi menular seksual tidak hanya menyebar melalui interaksi penis dengan vagina, tapi juga melalui membran mukus. Apakah membran mukus?

Baca Juga: Seks Oral Tanpa Kondom, Ini Risikonya Bagi Kesehatan Reproduksi‎

Membran mukosa adalah selaput lendir yang melapisi kulit dalam. Membran mukosa ini ada di penis, vagina, anus dan mulut. Artinya semua organ yang memiliki membrane mukus berpotensi untuk menjadi media penyebaran infeksi menular seksual. Ini mengapa Center for Disease and Prevention Control (CDC) Amerika Serikat menyarankan untuk menggunakan kondom sebagai langkah proteksi diri dari infeksi menular seksual saat melakukan aktivitas oral seks.

Bagaimanakah kondom bisa menekan risiko terjadinya infeksi menular seksual? Adalah kondom lateks yang menurut penelitian lebih efektif mencegah infeksi menular seksual karena mampu menghalangi partikel seukuran pathogen. Karena agen infeksi terhalang maka risiko terjadinya infeksi menular seksual pun berkurang. Tak hanya itu, material lateks pada kondom juga bisa mencegah infeksi menular seksual lesi genital seperti sifilis, herpes dan HPV.

Agar proteksi perlindungan yang diberikan kondom optimal, kamu harus memastikan kondom yang akan digunakan belum kadaluarsa dan ukurannya pas. Lalu ketika membuka sebaiknya dorong kondom ke arah tengah, lalu robek ujung kemasan secara perlahan. Keluarkanlah kondom secara perlahan dengan menjepit ujung kondom yang ada di bagian tengah lingkaran menggunakan jari. Pasanglah kondom pada saat penis dalam keadaan ereksi.

Mungkin kamu akan membayangkan menggunakan kondom saat seks oral tidak akan nyaman. Hapuslah persepsi ini karena sekarang ada banyak pilihan aroma pada kondom, mulai dari stroberi, anggur, pisang, durian, bahkan bubble gum. Semua pilihan aroma ini bisa kamu dapatkan dari Kondom Fiesta Beraroma yang juga telah teruji standar mutu internasional. Jadi bukan sekadar sensasi seks oral yang lebih menggairahkan tapi juga memproteksi diri dari infeksi menular seksual.

Khusus untuk perempuan, proteksi saat seks oral tidaklah menggunakan kondom melainkan dental dam. Ini adalah lapisan lateks berbentuk persegi yang diletakkan di atas vagina. Dental dam masih sulit didapatkan di Indonesia tapi ada trik untuk membuatnya. Dengan memanfaatkan kondom lateks beraroma. Yang harus dilakukan adalah memotong kondom lateks beraroma secara memanjang dan membentuk persegi panjang. Setelah itu letakkan lapisan kondom berbentuk persegi panjang itu di permukaan vagina. Agar posisinya tidak bergeser, kamu bisa menahan posisinya dengan tanganmu.

Selain menggunakan proteksi saat berhubungan seksual, hal penting yang juga wajib dilakukan apabila kamu aktif melakukan hubungan seksual adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan serta rutin melakukan tes infeksi menular seksual. Adapun tesnya dilakukan melalui pemeriksaan urin dan darah untuk menemukan apakah ada virus atau bakteri penyebab infeksi menular seksual. Mengapa harus rutin tes? Tujuannya adalah untuk melakukan deteksi dini, sehingga apabila terjadi infeksi bisa dengan segera diobati. Jika tidak diobati, selain bisa menularkan ke orang lain, infeksi menular seksual juga dapat menimbulkan berbagai komplikasi mulai dari peradangan pada mata, radang sendi, nyeri panggul, infertilitas, kanker serviks, sampai kanker anus. Jadi lebih baik proteksi diri dengan menggunakan kondom setiap kali melakukan hubungan seksual.

Baca Juga: Bisakah Tertular HIV Melalui Seks Oral?

Jika kamu ingin mencari tahu lebih detail lagi tentang cara pencegahan dan penanganan infeksi menular seksual, kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya