Disfungsi Ereksi Bisa Jadi Tanda Long Covid-19

Disfungsi ereksi tanda covid

Pembuluh darah yang mengalami inflamasi yang dipicu oleh infeksi Covid-19 kemungkinan besar menyebabkan disfungsi ereksi pada sebagian pasien setelah mereka sembuh dari virus.

Virus SARS-CoV-2 atau disebut Covid-19 tidak hanya menyerang saluran pernapasan tapi juga bisa merusak pembuluh darah yang kemudian mempengaruhi bagian tubuh yang disuplai pembuluh darah tersebut.

Baca Juga: Bisakah Disfungsi Ereksi Sembuh Sendiri?

Temuan itu disampaikan oleh komunitas saintis. Salah satunya dipublikasikan di World Journal of Men’s Health.

Dokter urologi di Cleveland Clinic Ohio, Amerika Serikat, Ryan Berglund mengatakan, ia telah melihat bukti dari kondisi orang-orang yang terinfeksi virus Covid-19.

“Pembuluh darah yang menjadi inflamasi…dapat menyebabkan fenomena obstruktif dan berpengaruh negatif pada kemampuan untuk ereksi,” kata Berglund seperti dikutip dari LA Times.

Dia menambahkan, disfungsi ereksi terkait penyakit ini bisa menjadi indikator dari penyakit pembuluh darah mendasar lainnya yang terkait dengan Covid.

Para ilmuwan mengatakan bahwa ada tiga faktor yang mengaitkan virus penyebab pandemi ini dengan disfungsi ereksi.

Pertama adalah penyakit kardiovaskular, seperti terganggunya suplai darah, gangguan kesehatan mental karena stress dan kecemasan saat terinfeksi Covid-19, serta kondisi kesehatan secara umum yang buruk sehingga orang bisa terpapar Covid.

Kendati demikian, para ilmuwan menyebutkan dibutuhkan riset lebih mendalam sebelum adanya kesimpulan yang definitive.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh ahli urologi Ranjith Ramasamy terungkap, disfungsi ereksi bisa jadi merupakan efek terburuk dari virus ini.

Dari penelitiannya diketahui ada perbedaan pada komposisi jaringan tubuh pria yang terinfeksi Covid-19 dan yang tidak.

Profesor endokrinologi dan kedokteran seksologi dari Italia, Emmanuele Jannini menyebutkan bahwa disfungsi ereksi merupakan gejala dari long covid (gejala yang dialami penyintas setelah sembuh dari infeksi).

“Disfungsi ereksi merupakan konsekuensi yang umum pada penyintas Covid-19, dan mengingat angka penularan yang tinggi terutama pada pria berusia lanjut, fenomena mengkhawatirkan ini dialami oleh banyak pasien,” katanya.

Baca Juga: Olahraga Lari Bisa Cegah Disfungsi Ereksi

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya