Gagal Orgasme? Ini Empat Kemungkinan Penyebabnya

Tadinya rasanya sudah mau mendekati klimaks, namun tiba-tiba sensasi tersebut menghilang. Bila Anda pernah mengalami ini, Anda tidak sendirian. Kegagalan orgasme adalah sesuatu yang cukup sering terjadi. Untungnya, ini merupakan sesuatu yang bisa diatasi, asalkan Anda mengetahui penyebabnya. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab gagalnya orgasme.

  1. Kurang mengenal anggota tubuh sendiri / tubuh pasangan
    Beberapa bagian tubuh yang biasanya peka terhadap rangsangan seksual misalnya payudara, pantat, perineum atau batas antara anus dan organ kelamin, bagian belakang lutut, area sekitar leher, dan organ kelamin. Meskipun begitu, setiap orang sensitif pada rangsangan seksual yang berbeda, sehingga bisa saja Anda atau pasangan Anda sensitif di area tubuh yang lain. Kuncinya adalah mengenal tubuh masing-masing dan saling berkomunikasi. Sebagian besar perempuan juga membutuhkan stimulasi di area klitoris sebelum bisa mencapai orgasme. Bila seks hanya sebatas memasukkan penis ke dalam vagina, klitoris tidak akan terangsang (Westheimer & Lehu, 2019). Terkadang dibutuhkan sentuhan ekstra di area klitoris, entah dengan mengusap klitoris secara langsung atau memainkan area di sekelilingnya saja. Keras-lembutnya sentuhan dan tempo gerakan pun bisa berpengaruh. Kuku yang terlalu tajam atau kasar juga bisa membuat sentuhan di area klitoris terasa tidak nyaman. Inilah sebabnya mengapa komunikasi sangat dibutuhkan.
    Gagal Orgasme? Ini Empat Kemungkinan Penyebabnya
  2. Adanya perasaan tegang, takut, cemas, stres, atau hal-hal lain yang memecah perhatian
    Jika Anda tidak terbiasa berhubungan seks dan merasa tegang atau takut, hal ini bisa menurunkan gairah (Perez, 2018). Bisa saja Anda merasa tegang karena baru berhubungan seks untuk pertama kalinya atau malah baru kembali lagi ke dunia romansa setelah bertahun-tahun hidup tanpa pasangan Anda. Bila ini permasalahannya, Anda tak perlu khawatir. Tidak ada yang memaksa Anda untuk terburu-buru, yang penting adalah menikmati momen yang ada. Kalau Anda sudah berusaha untuk lebih rileks, namun masih merasa tidak nyaman juga, cobalah untuk jujur pada diri sendiri. Mungkin Anda sebenarnya tidak tertarik dengan pasangan Anda, tidak ingin berhubungan seks, atau hanya memaksakan diri.
    Gagal Orgasme? Ini Empat Kemungkinan Penyebabnya
  3. Aliran darah yang kurang lancar
    Ketika hubungan seks terjadi dan Anda membangun momentum menuju klimaks, aliran darah memusat pada organ-organ seksual. Oleh karena itu, tak mengherankan jika masalah pada aliran darah juga bisa menimbulkan kegagalan orgasme. Contohnya adalah bila Anda mengalami hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes (Dweck & Westen, 2017).
    Gagal Orgasme? Ini Empat Kemungkinan Penyebabnya
  4. Penggunaan obat-obatan dan konsumsi alkohol
    Obat-obatan, khususnya antidepresan, bisa menimbulkan kegagalan orgasme (Lorenz, Rullo & Faubion, 2016). Selain antidepresan, antihistamin yang biasanya digunakan untuk mengurangi lendir dalam hidung saat alergi atau flu juga bisa membuat vagina menjadi lebih kering. Akibatnya, seks menjadi kurang nyaman dan orgasme lebih sulit dicapai. Pada laki-laki, konsumsi alkohol yang berlebihan juga bisa menghilangkan ereksi di tengah-tengah aktivitas seksual (Perez, 2018), sehingga menyebabkan kegagalan orgasme.
    Gagal Orgasme? Ini Empat Kemungkinan Penyebabnya

Baca juga : ‘Kepanasan’, Salah Satu Faktor yang Bisa Mengurangi Kesuburan Laki-laki, Benarkah?

Itulah 4 dari banyaknya kemungkinan penyebab kegagalan orgasme. Selain itu pun masih banyak faktor lainnya. Jika ingin berkonsultasi, Anda bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB.  Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Chat kami melalui whatsapp whatsapp