Ini Cara Kerja KB Susuk atau Implan, Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui yang Ampuh dan Aman

Selain paling efektif dalam mencegah kehamilan, praktis, serta tahan lama, KB susuk atau yang juga sering disebut implan juga aman dijadikan kontrasepsi untuk ibu menyusui. Dengan banyak keunggulan tadi, wajar saja kalau KB susuk sangat disukai perempuan.

Implan dimasukkan ke dalam kulit di bagian lengan atas oleh dokter atau bidan (Hill, 2019). Proses pemasangannya aman, nyaman, dan nggak memakan waktu lama. Kok bisa ya, KB susuk yang bentuknya seperti batang korek api dan ditaruh di lengan mencegah kehamilan? Kenapa bukan di rahim? Meskipun ditaruh di bagian lengan, hormon berfungsi sebagai penyampai pesan, sehingga bisa mengirimkan sinyal pada bagian tubuh lainnya, termasuk organ reproduksi. Dalam kasus ini, KB susuk alias KB implan mencegah kehamilan dengan melepas hormon progestin dari batangnya. Tujuannya adalah untuk mencegah pelepasan sel telur serta mempersulit masuknya sperma ke dalam rahim. Inilah alasan mengapa implan bisa mencegah kehamilan.

Baca juga : Singkat dan Praktis, Begini Proses Suntik KB 3 Bulanan yang Ramah Ibu Menyusui

Nah, salah satu jenis implan yang sering jadi kontrasepsi untuk ibu menyusui di Indonesia adalah Andalan Implan. Andalan Implan terdiri dari dua buah batang tipis seukuran korek api. Setiap batang mengandung 75 mg Levonorgestrel (hormon progesteron). Karena ukurannya yang mungil, implan Andalan nggak akan kelihatan ketika sudah dipasang, jadi penampilan pun nggak bakal terganggu. Meskipun begitu, Anda tetap bisa meraba implan untuk memeriksa posisinya dengan sangat mudah. Untuk sekali pakai, implan Andalan bisa bertahan hingga 4 tahun. Jadi, Anda dan pasangan bisa bebas menikmati momen-momen intim tanpa takut hamil untuk waktu yang sangat lama.

Karena hanya mengandung hormon progesteron saja, implan aman digunakan saat sedang menyusui. Pemakaian implan nggak akan memengaruhi kualitas dan banyaknya ASI (Gurtcheff, Turok, et al., 2011). Selain itu, bayi yang mendapatkan ASI dari ibu pengguna implan juga tetap tumbuh sehat dan berkembang dengan normal (Kapp, Curtis, & Nanda, 2010). Oleh karena itu, Anda nggak perlu ragu jika ingin menggunakan implan di saat sedang menyusui. Si kecil tidak akan kekurangan nutrisi-nutrisi penting yang ia butuhkan untuk perkembangannya hanya karena keputusan bundanya untuk berkontrasepsi.

Baca juga : Aman Digunakan, Ini Pilihan Kontrasepsi Ramah ASI untuk Ibu Menyusui

Dari penjelasan singkat tadi, Anda bisa tenang karena KB susuk alias implan merupakan kontrasepsi untuk ibu menyusui yang ampuh serta aman. Kalau Anda masih ragu atau memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Selain itu, cari bidan Andalan terdekat di kota Anda melalui link berikut apabila Anda berminat untuk melakukan pemasangan implan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Chat kami melalui whatsapp whatsapp