Jangan Percaya Mitos Pil KB Bikin Gemuk

Jangan percaya mitos kb

Kekhawatiran terbesar perempuan untuk memakai pil KB adalah berat badan bertambah. Padahal, penelitian menyebut mitos itu tidak tepat.

Metode kontrasepsi pil KB termasuk yang terpopuler di dunia, meski begitu masih banyak perempuan yang sedang mencari kontrasepsi tetap mempercayai mitos pil KB bisa membuat gemuk.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Bagaimana Cara Kerja KB Spiral

Pil KB yang dianggap bisa meningkatkan angka timbangan adalah pil KB kombinasi yang mengandung hormone estrogen dan progestin.

Kontrasepsi hormonal, termasuk pil KB, suntik, IUD, atau implan, sebenarnya tidak hanya mencegah kehamilan tak direncanakan, tetapi juga bisa mengurangi gejala-gejala endometriosis yang membuat nyeri haid, menstruasi tidak teratur atau perdarahan, serta anemia.

Ketakutan akan bertambahnya berat badan bisa membuat seseorang tidak mau memakai kontrasepsi, atau membuat mereka tidak teratur menggunakannya. Hasilnya, kontrasepsi menjadi tidak efektif.

Sebenarnya hasil penelitian menyebutkan tidak cukup bukti untuk menyimpulkan bahwa pil KB bisa membuat perempuan menjadi gemuk.

Lagi pula, seseorang secara umum cenderung akan mengalami peningkatan berat badan dari waktu ke waktu. Mayoritas orang akan mengalami kenaikan berat badan saat mereka memasuki usia dewasa muda ke pertengahan dengan kenaikan sekitar satu kilogram setiap tahunnya.

Sebuah penelitian yang melibatkan perempuan yang menggunakan pil KB dan ditimbang setiap harinya, menunjukkan mereka mengalami kenaikan 0.2 kilogram dalam 3 minggu minggu pertama penggunaan pil, kemudian berat badannya turun dalam jumlah yang sama pada minggu mengonsumsi pil placebo.

Setelah empat bulan masa penelitian, ternyata tidak ada perubahan berat badan.

Dengan kata lain, ketika terjadi peningkatan berat badan sebaiknya jangan cuma menyalahkan kontrasepsi tetapi evaluasi juga apakah pola makan kita berubah, apakah kita sedang stress dan kurang istirahat, dan sebagainya.

Baca Juga: Pilihan KB untuk Penyandang Lupus, Apa Saja?

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya