Pilihan KB untuk Penyandang Lupus, Apa Saja?

kb-untuk-penyandang-lupus

Penting bagi perempuan dengan lupus untuk menghindari kehamilan yang tidak direncanakan. Apa saja pilihan KB untuk penyandang lupus yang aman?

Kehamilan adalah kondisi yang sangat beresiko untuk penyandang lupus eritematosus sistemik (LES). Bukan berarti tidak boleh hamil, tapi sangat penting untuk menghindari kehamilan yang tidak direncanakan. Untuk itu, tentu saja diperlukan KB atau kontrasepsi. Tapi, apa saja ya pilihan KB untuk penyandang lupus yang aman?

Pada penyandang LES, antibodi yang seharusnya melindungi tubuh dari benda asing berbahaya, justru malah menyerang sel dan jaringan tubuh yang sehat. Inilah yang memicu peradangan di berbagai organ tubuh, sehingga LES disebut juga penyakit autoimun kronis. Sebagian penyandang LES memiliki antibodi yang disebut aPL (antiphospolipid antibodies).

Baca Juga: Pil KB Mengurangi Rambut-rambut Halus di Wajah, Dada, dan Punggung Perempuan, Betulkah?

Nah pada sebagian orang, aPL bisa menimbulkan komplikasi, yang disebut APS (antiphospholipid syndrome). Salah satu efeknya yaitu terjadinya pembekuan darah. APS termasuk kondisi yang menjadi pertimbangan dokter atau bidan saat merekomendasikan KB untuk penyandang lupus.

Pilihan KB untuk Penyandang Lupus Eritematosus Sistemik

Sebenarnya cukup banyak pilihan KB untuk penyandang lupus eritematosus sistemik. Namun tentu saja ada beberapa faktor yang perlu ikut dipertimbangkan, karena kondisi tiap orang pasti berbeda. Misalnya APS, seperti telah dijelaskan sebelumnya. Berikut ini beberapa pilihan KB yang biasa direkomendasikan untuk perempuan dengan lupus.

  1. IUD
    IUD (spiral) sebagai metode kontrasepsi jangka panjang yang reversible dianggap sebagai KB yang efektif dan aman untuk semua penyandang lupus. Termasuk mereka yang memiliki APS, atau mengonsumsi obat-obatan imunosupresif.

    Satu-satunya pengecualian yaitu bila ada kontraindikasi ginekologis. Penyandang lupus dengan trombositopenia (darah sulit membeku) juga perlu berhati-hati karena ada risiko terjadi perdarahan saat pemasangan IUD. Namun mereka yang telah memakai IUD meski memiliki trombositopenia bisa tetap memakainya, kecuali bila kemudian terjadi perdarahan. IUD yang paling populer yaitu jenis copper T, misalnya IUD Andalan Tcu.

  2. KB progestin
    Ini adalah metode kontrasepsi hormonal yang hanya menggunakan satu jenis hormon yaitu progestin (progesteron sintetis). Ada dalam bentuk pil (pil mini untuk ibu menyusui), suntik KB 3 bulan, dan metode jangka panjang implan (susuk). Kamu tidak perlu bingung karena Andalan menyediakan pilihan untuk ketiga jenis kontrasepsi tersebut. Ada Pil KB Andalan Laktasi, Andalan Suntikan KB 3 Bulan, Suntikan KB Harmonis 3 Bulan, dan Andalan Implan.

    KB yang hanya mengandung progestin dianggap aman untuk hampir semua perempuan dengan lupus, dan bisa menjadi alternatif bagi yang tidak bisa menerima estrogen. Kecuali mereka dengan aPL positif yang berisiko besar terhadap VTE (venous thromboembolism) atau bekuan darah di vena. Mereka yang mendapat obat kortikosteroid atau memiliki risiko lain terhadap osteoporosis, sebaiknya menghindari progestin berupa DMPA (medroxyprogesterone acetate), dan memilih jenis progestin lainnya.

  3. KB hormonal kombinasi
    KB hormonal jenis ini mengkombinasikan estrogen dan progestin. Kontrasepsi hormonal kombinasi bisa dipakai oleh penyandang lupus yang stabil. Namun sebaiknya dihindari oleh mereka dengan LES aktif, memiliki APS atau aPL positif, dan riwayat pembekuan darah.

    Yang termasuk kategori ini yaitu pil KB kombinasi, serta kontrasepsi suntik 1 bulan dan 2 bulan. Pilihannya cukup banyak. Ada Pil KB Andalan, Pil KB Andalan Fe, Pil KB Elzsa, Andalan Suntik KB 1 Bulan, Gestin F2 (suntik Kb 2 bulan), dan Suntikan KB Harmonis 1 Bulan.

Baca Juga: Siklus Menstruasi Tidak Teratur, bisa Dibantu dengan Pil KB?

Ada banyak pilihan KB untuk penyandang lupus. Diskusikanlah dengan dokter kandungan, bidan, dan dokter yang merawat lupus mengenai KB yang aman untukmu. Kamu juga bisa berkonsultasi ke Halo DKT, dengan menghubungi Halo DKT di nomor WhatsApp 0811-1-326459, atau melalui link: https://bit.ly/halodktwhatsapp, pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Jangan khawatir karena segala informasi yang kamu sampaikan bersifat rahasia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya