KB Implan yang Bikin Nyaman

Jenis KB implan merupakan salah satu metode pengendalian kelahiran jangka panjang yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Bentuk KB implan terus mengalami perubahan, saat ini bentuknya sangat kecil seukuran batang korek api yang diletakan di bawah kulit lengan atas.

Baca Juga: Riset Membuktikan, KB Implan tidak Bikin Naik Berat Badan

Sama seperti metode KB lainnya, KB implant bertujuan mencegah terjadinya ovulasi, sehingga tidak ada kehamilan. Termasuk dalam kelompok metode KB jangka panjang bersama IUD, keberadaan implan menjadi solusi bagi mereka yang pelupa dan kurang disiplin dalam menggunakan metode KB jangka pendek seperti pil dan suntik.

Berikut sejumlah manfaat KB implant :

  • Perlindungan jangka panjang
    Kontrasepsi hormonal jangka panjang ini mengandung hormon progesterone sintetis dalam dosis rendah dan stabil yang berfungsi mengentalkan lendir serviks dan mengencerkan lapisan rahim, sehingga menyulitkan sperma berenang dan mencapai sel telur.

    Seperti Andalan Implan yang setiap batangnya mengandung 75 mg Levonorgestrel (hormon progestin). Kelebihan implan mampu memberikan perlindungan dalam waktu yang cukup lama hingga 4 tahun. Bahkan KB implan diketahui lebih efektif dari kondom dan pil.

  • Aman untuk ibu menyusui
    Kabar baiknya lagi, produk implan Andalan tidak memengaruhi produksi dan kualitas ASI sehingga aman digunakan oleh ibu menyusui. Itu sebabnya KB implan bisa langsung dipasang selambat-lambat 21 hari setelah melahirkan. Jika dipasang lebih dari 21 hari, kamu mesti menggunakan kontrasepsi cadangan seperti kondom guna mencegah kehamilan selama belum menggunakan implan.

  • Bisa dilepas kapan saja
    Kendati bisa memberikan perlindungan cukup lama sampai 4 tahun, bukan berarti mesti dilepas selama itu pula. Jika kamu berubah pikiran atau ingin segera hamil sebelum periode 4 tahun, bisa saja melepas implan kurang dari tenggat tersebut. Dan salah satu keunggulan metode KB jangka panjang seperti implan ini adalah kembali kesuburan relatif lebih cepat setelah implan dilepas.

  • Harga lebih murah
    Biaya KB implan memang bervariasi, namun secara umum biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah hanya untuk pemasangan dan pelepasan saja untuk penggunaan selama 4 tahun. Tidak perlu rutin mengeluarkan biaya seperti metode KB lainnya yang dalam hitungan bulan mesti membelinya secara rutin.

  • Pemasangan mudah
    Jika kamu sudah memilih KB implan dan dokter sudah menyetujuinya karena pilihan tersebut cocok untuk kamu. Maka dokter atau bidan akan segera melakukan pemasangan. Tidak ada persiapan khusus karena proses pemasangannya relatif mudah dan singkat. Hanya diperlukan bius lokal di bagian bawah lengan atas yang menjadi lokasi pemasangan implan. Dipasang dengan alat khusus yang tidak membutuhkan sayatan panjang. Setelah selesai akan dipasang perban di area tersebut. Perban boleh dibuka beberapa hari kemudian. Sambil menunggu KB implan bekerja, kamu akan direkomendasikan menggunakan KB non hormonal seperti kondom selama satu minggu.

  • Pelepasan tepat waktu
    Setelah 4 tahun menggunakan KB implan, saatnya untuk melepaskannya. Karena jika lewat dari tenggat sudah tidak ada lagi manfaat perlindungannya. Kamu bisa datang ke klinik dokter atau bidan yang berpengalaman dalam hal ini. Sama seperti pemasangan, proses pelepasan juga diawali dengan bius lokal di area tersebut. hanya saja kali ini dokter atau bidan akan melakukan sedikit sayatan guna mencari posisi implan dan mengambilnya keluar. Bekas sayatan akan diperban rapat sehingga tetap steril dari kontaminasi luar. Selain soal waktu yang sudah mencapai batas akhir, pelepasan KB implan juga bisa dilakukan kapan saja ketika ada indikasi atau efek samping yang terjadi. Karena itu jika terjadi sesuatu sebagai dampak dari pemasangan KB implan, segera hubungi dokter untuk dilakukan tindakan yang tepat.

Baca Juga: Ini Lima Pilihan Metode KB untuk Ibu Menyusui

Itulah sejumlah alasan yang membuat KB implan relatif lebih aman dan terjangkau dengan efektivitas yang lebih baik dari metode KB lainnya. Namun, tidak semua orang cocok menggunakan KB implan ya. Karena itu sebelum memutuskan menggunakan implan kamu mesti konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan informasi yang tepat. Untuk berkonsultasi, saat ini bisa kok dilakukan secara online dengan cara menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya