Kenali Gejala HIV pada Anak

Gejala HIV pada anak

Setiap hari, sekitar 1.500 anak di bawah 15 tahun tahun terinfeksi HIV. Lebih dari
90% tinggal di sub-Sahara Afrika. Namun, di negara berkembang, angka kejadian HIV pada anak juga menunjukkan peningkatan.

Pada tahun 2005, ada 2,3 juta anak yang hidup dengan HIV di seluruh dunia, yang sebagian besar tertular sejak di dalam rahim, saat lahir, atau saat sedang menyusui. Dengan meningkatnya kasus HIV pada ibu rumah tangga, maka pencegahan penularan ke bayinya mulai diberlakukan mulai sejak sebelum hamil hingga selama proses memberikan ASI.

Baca Juga: Perkembangan Terbaru Vaksin HIV

Sebagian besar anak yang terinfeksi HIV, peluang untuk bertahan hidup sangat tipis. Di seluruh dunia, AIDS menyumbang 3% dari seluruh kematian anak di bawah lima tahun.

Deteksi HIV pada bayi biasanya akan langsung dilakukan jika bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi HIV. Tes diagnostik virus biasanya dilakukan dalam 2 hari pertama kehidupan, pada usia 1 hingga 2 bulan, dan pada usia 4 hingga 6 bulan.

Seorang anak yang terinfeksi HIV biasanya didiagnosis dengan AIDS ketika sistem kekebalan menjadi sangat rendah atau timbul berbagai jenis infeksi laini. Ketika sistem kekebalan memburuk akibat virus, komplikasi mulai berkembang.

Agar bisa ditangani sejak dini, berikut ini adalah beberapa gejala infeksi HIV pada anak yang sudah menunjukkan tanda-tanda AIDS:

  • Pembesaran kelenjar getah bening lebih dari tiga bulan
  • Bayi dan anak lemah dan seperti kekurangan energi
  • Penurunan berat badan
  • Sering demam dan berkeringat
  • Anak sering mengalami infeksi

Gejala infeksi HIV mungkin menyerupai atau mirip kondisi medis lainnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anak untuk diagnosis yang tepat.

Jika terbukti anak positif HIV, maka terapi antiretroviral telah terbukti sangat efektif pada anak-anak. Pengobatan berfungsi memulihkan dan mempertahankan fungsi kekebalan tubuh, mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak agar normal, dan memperpanjang hidup.

Baca Juga: Sudah Tahu Beda HIV dan AIDS?

Jika ingin tahu informasi lebih banyak seputar HIV dan gejalanya, baik pada anak maupun dewasa, Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya