Perkembangan Terbaru Vaksin HIV

Perkembangan terbaru vaksin HIV

Penelitian tentang vaksin HIV sudah dilakukan sejak 40 tahun lalu, namun kemajuannya cukup lambat dibandingkan dengan pembuatan vaksin Covid-19.

Sejak riset seputar vaksin ini dilakukan, sudah lebih dari 400 vaksin HIV yang memasuki uji coba klinis tahap satu dan ada lima yang masuk ke tahap tiga. Sayangnya, belum ada yang berhasil lolos sampai tahap akhir.

Baca Juga: Apakah Gejala HIV pada Pria dan Wanita Berbeda?

Sebagai informasi, karakteristik virus HIV memang unik dan mudah bermutasi sehingga tak mudah untuk membuat vaksinnya.

Karena itu seharusnya publik tak membandingkan mengapa vaksin Covid-19 sudah bisa dibuat dalam waktu 18 bulan.

Ahli virus dan direktur German Center of HIV & AIDS, Hendrik Streeck mengatakan, virus penyebab Covid-19 dan HIV tidak bisa dibandingkan.

“SAR-CoV-2 (virus penyebab Covid) dan HIV tidak bisa dibandingkan dalam hal struktur dan kerumitannya. HIV adalah virus yang sangat berbeda,” kata Streeck seperti dikutip dari DW.

Walau beberapa kali uji coba vaksin HIV menemui kegagalan, tetapi para ilmuwan terus berupaya menciptakan vaksin yang aman dan efektif untuk melindungi orang dari HIV.

Harapan baru muncul dari penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Oxford, Inggris yang telah mengembangkan vaksin HIV yang diberi nama HIVconsvX yang sudah memasuki uji coba klinis tahap satu.

Ada 13 orang dewasa sehat yang tidak terinfeksi HIV terlibat dalam uji coba ini. Para responden berusia 18-65 tahun dan dianggap beresiko tinggi tertular HIV.

Mereka akan mendapatkan satu dosis vaksin diikuti dengan dosis kedua di minggu keempat. Hasil efektifan dijadwalkan dilaporkan pada April 2020 mendatang.

Vaksin ini menargetkan varian HIV-1 yang luas, sehingga diharapkan mampu mencegah infeksi HIV di banyak wilayah serta pada varian yang berbeda. Selain itu, vaksin ini juga berpotensi bisa menyembuhkan orang yang sudah terinfeksi.

Kita tunggu saja perkembangannya.

Baca Juga: Sudah Tahu Beda HIV dan AIDS?

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

artikel lainnya