Kenali Infeksi Bakteri Penyebab Keputihan

Infeksi bakteri penyebab keputihan

Ada banyak penyebab keputihan. Selain faktor hormonal, bisa juga terkait dengan infeksi jamur di organ intim. Selain jamur, bakteri yang berulah juga bisa menyebabkan keputihan. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri disebut vaginosis bakterialis.

Vaginosis bakterialis adalah jenis peradangan vagina yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih bakteri yang secara alami ditemukan di vagina, dan mengganggu keseimbangan alami.

Baca Juga: Mengobati Keputihan Saat Hamil

Wanita di usia reproduksi beresiko mengalami vaginosis bakteri, meskipun bisa juga dialami semua usia. Penyebab pasti keputihan akibat infeksi bakteri ini tidak sepenuhnya dipahami, tetapi kebiasaan seperti seks tanpa kondom atau terlalu sering membersihkan organ intim kewanitaan dengan sabun akan meningkatkan risiko.

Praktek membilas vagina dengan air atau bahan pembersih (douching) dapat mengganggu keseimbangan alami vagina. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih bakteri anaerob, dan menyebabkan vaginosis bakteri. Karena vagina sebenarnya bisa membersihkan diri sendiri sehingga douching tidak diperlukan.

Apakah vaginosis bakterial dapat menyebabkan komplikasi?

Pada wanita hamil, keputihan akibat infeksi bakteri ini dapat menyebabkan kelahiran prematur dan bayi dengan berat badan lahir rendah.Memiliki bakterial vaginosis juga membuat wanita lebih rentan terhadap infeksi menular seksual, seperti HIV, virus herpes simpleks, klamidia dan gonore.

Vaginosis bakterial juga dapat meningkatkan risiko terkena infeksi pasca operasi setelah prosedur seperti histerektomi atau operasi ginekologi lainnya. Wanita juga rentan mengalami penyakit radang panggul, infeksi rahim dan saluran tuba yang dapat meningkatkan risiko infertilitas, jika keputihan akibat infeksi bakteri ini tidak diobati.

Untuk membantu mencegah bakterial vaginosis, minimalkan iritasi vagina. Jika Kamu ingin membersihkan vagina, gunakan sabun ringan non deodoran serta tampon atau pembalut tanpa pewangi.

Atau Kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus berbahan alami seperti produk Andalan Feminine Care yang terbuat dari bahan alami. Jangan lagi menggunakan douche.

Yang tidak kalah penting adalah hindari infeksi menular seksual dengan selalu menggunakan kondom dan batasi berganti-ganti pasangan.

Baca Juga: Tiga Jenis Warna Keputihan dan Maknanya

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya