Klamidia, Infeksi Menular Seksual yang Bisa Bikin Susah Hamil

klamidia infeksi menular seksual

Klamidia termasuk dalam penyakit infeksi menular seksual yang dapat menyebabkan infertilitas alias susah hamil. Infeksi menular seksual lain yang punya efek serupa adalah gonore, sifilis, dan mycoplasma genitalium.

Klamidia merupakan infeksi bakteri yang bisa mengenai siapa saja yang berhubungan seksual beresiko tanpa kondom.

Baca Juga: Waspadai, Herpes Saat Hamil Bisa Timbulkan Komplikasi

Pada wanita, jika klamidia tidak diobati, dapat menyebar ke rahim dan tuba falopi dan menyebabkan penyakit radang panggul.

Baik radang panggul maupun klamidia yang tidak diobati dapat menyebabkan jaringan parut permanen pada organ reproduksi, menghalangi sperma dan telur bertemu dan menyebabkan infertilitas.

Wanita yang tuba falopi nya rusak juga beresiko mengalami kehamilan di luar rahim (kehamilan atopic).

Gejala radang panggul sendiri meliputi:

  • Sakit dan bengkak di perut bagian bawah
  • Nyeri saat melakukan penetrasi seksual
  • Perdarahan banyak dan nyeri saat haid
  • Demam

Sebenarnya klamidia dan gonore mudah diobati dengan antibiotik, tetapi banyak orang tidak sadar memiliki infeksi karena penyakit ini memang sering tidak bergejala. Sayangnya, semakin lama infeksinya tidak diobati, semakin luas kerusakannya.

Untuk itu direkomendasikan bagi wanita yang sudah aktif secara seksual dan memiliki pasangan seksual lebih dari satu untuk melakukan pemeriksaan klamidia dan gonore setiap tahun. Jika kamu memang terinfeksi, pastikan pasangan kamu juga dites dan diobati. Sebab jika tidak ia bisa menginfeksi ulang.

Baca Juga: Apa Penyebab Kehamilan Ektopik atau Hamil di Luar Kandungan?

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya