Ladies, Ini Caranya Kurangi Gejala PMS

Cara kurangi gejala PMS

Siklus menstruasi yang diawali dengan berbagai keluhan terkait Premenstrual Syndrome (PMS) sejatinya bisa dicegah. Minimal dikurangi gejala atau keluhan yang muncul.

Baca Juga: Lima Jenis Lagu untuk Menghadapi PMS (Premenstrual Syndrome), Apa Pilihanmu?

Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi problem bulanan ini. Berikut cara efektif mengantisipasi problem PMS jauh sebelum ia datang :

  • Olahraga

    Jadikan olahraga sebagai aktivitas rutin yang dilakukan setiap hari. Selain menjaga kondisi fisik tetap prima, olahraga teratur pada masa menjelang menstruasi efektif mengurangi ketidaknyamanan terkait PMS. Seperti kram dan kelelahan fisik lainnya.

  • Makanan sehat

    Pilih makanan sehat minimal dua minggu jelang menstruasi datang. Mengonsumsi makanan yang jauh lebih sehat dari sebelumnya, sangat dianjurkan untuk meminimalisir gejala PMS yang muncul. Selain itu kurangi konsumsi garam, gula dan kafein yang berpotensi menambah ketidaknyamanan saat PMS.

  • Stop rokok

    Penelitian menunjukkan rokok dapat memperburuk gejala PMS. Sebuah studi tahun 2018 juga mencatat ada kaitan antara merokok dengan menstruasi yang tidak teratur dan risiko menopause dini. Seharusnya, ini jadi momentum untuk berhenti merokok ya.

  • Tidur yang cukup

    Pastikan kamu tidur 7-8 jam setiap malam agar tubuh memiliki cukup waktu untuk beristirahat. Sebab kurang tidur bisa memicu kecemasan, sakit kepala, dan merusak mood yang memang sangat terganggu saat PMS karena perubahan hormonal.

  • Asupan kalsium

    Kalsium diyakini mampu mengurangi keparahan gejala PMS. Kamu bisa memilih jenis makanan yang tinggi kandungan kalsiumnya seperti susu, keju, makanan laut, kacang-kangan, yogurt, dan sayuran hijau.

  • Vitamin B-6

    Makanan yang mengandung vitamin B-6 mampu membantu mengurangi gejala PMS seperti perut kembung hingga gangguan mood. Kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin B-6, tetapi sumber vitamin yang terbaik adalah dari makanan yang kaya kandungan vitamin B-6 seperti ikan, unggas, kentang, dan buah-buahan.

Baca Juga: Diet Sehat Gejala PMS Minggat‎

Selamat mencoba langkah-langkah di atas, agar PMS yang kamu alami jauh lebih ringan dari biasanya. Sehingga aktivitas tidak terganggu, termasuk sensitivitas diri bisa dieliminasi. Jika kamu mengalami gangguan PMS yang cukup berat, kamu bisa konsultasikan ke dokter yang kompeten. Caranya mudah, kamu bisa menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya