Lima Alasan untuk Tetap Memakai Kondom Meskipun Sedang Hamil

Orang seringkali mengasosiasikan kondom sebagai sesuatu yang hanya perlu digunakan demi menunda kehamilan. Padahal, kenyataannya kondom memiliki banyak manfaat lain dan baik bila digunakan bahkan dalam keadaan sedang mengandung sekalipun. Berikut beberapa alasan untuk tetap memakai kondom meskipun sedang hamil.

  1. Mencegah penularan sifilis
    Sifilis yang tidak terdeteksi pada ibu hamil bisa menyebabkan kelahiran prematur, keguguran, dan kematian bayi sesaat setelah proses melahirkan. Bayi yang lahir dengan selamat pun cenderung memiliki masalah kesehatan jantung, otak, mata, telinga, gigi, tulang, dan kulit (CDC, 2016). Tingginya risiko perkembangan bayi abnormal akibat sifilis adalah alasan mengapa beberapa negara mewajibkan pengecekan sifilis pada ibu hamil (Regan, 2019). Masalahnya, seringkali pasangan tidak ikut diperiksa, padahal hubungan seks masih dilakukan secara rutin dan sifilis bisa menular melalui hubungan seks tanpa pengaman. Dengan menggunakan kondom secara tepat dan konsisten, perempuan yang sedang mengandung bisa mengurangi risiko terkena sifilis dari pasangan masing-masing.
    Lima Alasan untuk Tetap Memakai Kondom Meskipun Sedang Hamil
  2. Mencegah penularan klamidia dan gonorrhea
    Tidak jauh berbeda dengan sifilis, klamidia dan gonorrhea yang menjangkit ibu hamil juga bisa menyebabkan kelahiran bayi prematur dengan berat badan rendah. Selain itu, sekitar 30-50% bayi yang terlahir dari ibu dengan klamidia yang tidak diobati akhirnya terkena infeksi mata dan sebanyak 10-20% terkena infeksi paru-paru alias pneumonia (Peuchant, Le Roy, Desveaux, et al., 2015). Hal ini tentunya sangat disayangkan, sebab klamidia dan gonorrhea pada ibu hamil semestinya bisa dicegah dengan menggunakan kondom saat berhubungan seks.
    Lima Alasan untuk Tetap Memakai Kondom Meskipun Sedang Hamil
  3. Mencegah penularan hepatitis B
    Jika sifilis, klamidia, dan gonorrhea ketiganya disebabkan oleh bakteri, maka hepatitis B disebabkan oleh virus. Virus hepatitis B tidak bisa menular dari ibu hamil ke bayinya melalui plasenta semasa hamil ataupun melalui ASI. Akan tetapi, bayi tetap berisiko tertular saat proses persalinan serta bila payudara ibu terluka dan mengeluarkan darah saat sedang menyusui. Sebanyak 50% dari bayi yang terinfeksi hepatitis B akan mengalami sirosis atau kanker hati di kemudian hari (Regan, 2019). Inilah mengapa langkah pencegahan penularan hepatitis B dengan menggunakan kondom sangat penting ketika berhubungan seks, meskipun sedang hamil. Selain itu, ibu hamil sebaiknya melakukan tes hepatitis B, agar dokter bisa segera memberikan penanganan dan melindungi bayi bila hasilnya positif.
    Lima Alasan untuk Tetap Memakai Kondom Meskipun Sedang Hamil
  4. Mencegah penularan HIV-AIDS
    HIV-AIDS merupakan infeksi menular seksual yang menyerang sistem imun tubuh dan bisa menyebabkan kematian. Untungnya, dengan perkembangan obat antiretroviral, angka kematian akibat HIV-AIDS telah berkurang lebih dari setengahnya dalam satu dekade terakhir (WHO, 2020). Penularan HIV-AIDS dari ibu hamil ke bayi pun sudah berkurang, terutama dengan adanya operasi sesar dan upaya untuk menghindari pemberian ASI bila viral load masih tinggi (Regan, 2019). Meskipun begitu, pencegahan HIV-AIDS harus tetap dilakukan. Memakai kondom setiap berhubungan seks adalah salah satu langkah penting, termasuk ketika hamil. Hal ini sangat diperlukan, khususnya bila Anda dan pasangan tidak bermonogami atau sering melakukan perilaku seksual berisiko.
    Lima Alasan untuk Tetap Memakai Kondom Meskipun Sedang Hamil
  5. Mencegah kontraksi dini pada trimester ketiga kehamilan
    Selain mengandung sperma, cairan semen laki-laki juga mengandung prostaglandin. Prostaglandin merupakan hormon yang bisa memicu proses kontraksi ketika melahirkan. Bila Anda khawatir mengenai kemungkinan terjadinya kontraksi dini, kondom bisa menjadi solusi.
    Lima Alasan untuk Tetap Memakai Kondom Meskipun Sedang Hamil

Baca juga : Memakai Kondom Mengurangi Risiko Keputihan Berbahaya, Benarkah?

Itulah lima alasan untuk tetap menggunakan kondom meskipun sedang hamil. Jika ingin berkonsultasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB.  Segala informasi yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Chat kami melalui whatsapp whatsapp