Manfaat Maksimal dari KB Hormonal

kb hormonal

Di antara berbagai metode KB yang tersedia, KB hormonal seperti pil dan suntik menjadi pilihan favorit masyarakat. Hal ini tak lepas dari ketersediaannya yang banyak, harga terjangkau dan akses mendapatkannya yang cukup mudah.

Seperti kontrasepsi pada umumnya, kontrasepsi hormonal memiliki tujuan yang sama yaitu mencegah terjadinya kehamilan dan menjarangkan kehamilan bagi wanita usia reproduktif.

Baca Juga: Benarkah Pasien Covid Tidak Boleh Gunakan KB Hormonal Selama Pengobatan?

Selain dua manfaat utama tersebut, ada lho manfaat lain dari KB hormonal yang perlu kamu ketahui. Apa saja? Ini dia manfaat tambahan dari KB hormonal:

  1. Cepat mengembalikan kesuburan
    Setelah dihentikan penggunaan KB, mekanisme hormonal tubuh akan berjalan seperti biasa, itu artinya masa subur akan kembali normal setelah tidak ada penghalang kehamilan. Kembalinya kesuburan yang relatif lebih cepat ini didukung oleh sejumlah penelitian yang menyebutkan penggunaan pil kontrasepsi hormonal tidak menyebabkan efek negatif pada tingkat kesuburan. Studi yang dilakukan oleh The European Active Surveillance Study on Oral Contraceptives (EURAS-OC) melacak lebih dari 59.000 wanita pengguna KB oral. Hasilnya, 21,1% hamil sebulan kemudian dan 74,4% hamil dalam rentang waktu setahun kemudian.
  2. Mengurangi jerawat
    Tidak hanya kehamilan, hormon juga punya peran penting timbulnya jerawat. Hormon androgen meningkatkan produksi sebum minyak yang ada di kulit. Minyak yang berlebihan menyebabkan pori-pori tersumbat dan pertumbuhan bakteri meningkat yang jadi tempat berkembangbiaknya jerawat. Ketika perawatan jerawat dengan metode lain belum berhasil, terkadang pil KB bisa menjadi solusi alternatifnya. Menurut Jonathan Dunn, MD, dari Scripps Clinic Carmel Valley, jenis pil KB tertentu dapat mengobati komedo dan jerawat yang membandel di sekitar rahang, wajah bagian bawah dan leher ketika perawatan lain seperti krim topikal dan antibiotik oral tidak membantu.
  3. Mengurangi gejala PMS dan PMDD
    Kandungan hormon dalam metode KB hormonal membantu mengatasi, minimal mengurangi gejala PMS seperti nyeri, kram perut bagian bawah. Kram merupakan gejala PMS paling sering terjadi, hal ini dipicu hormon prostaglandin yang membuat rahim berkontraksi. Hormon pil KB dapat membantu mengatasi hal ini.
  4. Produksi dan kualitas ASI terjaga
    Tak perlu khawatir mengonsumsi pil KB saat kamu masih dalam periode menyusui. Saat ini kandungan hormonal dalam kontrasepsi sudah sangat baik, diformulasi secara khusus sehingga aman digunakan oleh ibu menyusui karena tidak memengaruhi produksi dan kualitas ASI, seperti produk suntik KB Andalan.
  5. Mengatasi endometriosis
    Salah satu gejala endometriosis adalah rasa sakit tak tertahankan jelang menstruasi. Nah, pil KB yang mengandung hormon progesteron mampu membantu mengatasi endometriosis bahkan oleh wanita usia subur yang belum menikah sekalipun aman kok menggunakan pil KB asal konsultasikan dulu dengan dokter ya. Jangan coba-coba sendiri tanpa konsultasi.
  6. Siklus menstruasi lebih teratur
    Intervensi hormonal yang dilakukan oleh metode KB hormonal juga membantu mengatur kehidupan hormon di dalam tubuh. Karena hormonnya sudah teratur, maka dampaknya siklus menstruasi pun ikutan jadi teratur. Tentu saja siklus menstruasi yang teratur penting bagi wanita aktif dan reproduktif.
  7. Menurunkan risiko kanker rahim dan kanker indung telur
    Manfaat lain yang tidak kalah penting dari KB hormonal adalah membantu mengurangi risiko kanker rahim dan kanker indung telur. Sejumlah penelitian menunjukkan risiko kanker ovarium dan indung telur menurun pada wanita yang menggunakan pil KB dalam jangka waktu yang panjang.

Itulah sejumlah kabar baik dari manfaat KB hormonal. Ingat, sebelum menentukan pilihan jenis metode KB yang akan digunakan, kamu mesti berkonsultasi pada dokter yang kompeten. Konseling ini sangat penting untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang plus minus dan aturan pakai setiap metode KB yang ada.

Agar metode KB yang kamu pilih benar-benar cocok dan manfaat maksimalnya bisa kamu rasakan. Tanpa perlu khawatir dengan efek samping maupun salah kaprah yang beredar selama ini.

Baca Juga: Pilihan Kontrasepsi Hormonal Untuk Atasi Masalah Haid

Yuk, bertanya pada ahlinya. Untuk berkonsultasi, saat ini bisa kok dilakukan secara online dengan cara menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya