Mengapa Konseling KB Penting?

konseling kb

Ketika tiba saatnya memilih metode KB, seringkali kamu dihadapkan pada kebingungan menentukan metode yang akan digunakan. Inilah waktunya untuk datang ke dokter atau ahli kesehatan dan bertanya sebanyak-banyaklah tentang apa dan bagaimana metode KB yang ada. Dan tentu saja metode mana yang paling cocok kamu gunakan.

Jangan hanya mengandalkan informasi dari dunia maya yang tidak kompeten. Bertanya langsung pada dokter merupakan langkah paling tepat.

Baca Juga: Tujuh Keuntungan Memakai Kondom sebagai Alat KB

Pada prinsipnya konseling KB sangat penting karena kamu akan dibantu untuk menentukan metode KB yang sesuai dengan gaya hidup, kebutuhan, dan kondisi diri sendiri. Karena setiap individu akan memberikan reaksi yang berbeda terhadap metode KB yang dipilih sehingga metode KB sangatlah personal, tidak bisa digeneralisir dan mengikuti apa kata orang.

Yuk, konsultasikan ke dokter dan ahli kesehatan sebelum menjatuhkan pilihan pada metode KB tertentu.

Berikut sejumlah manfaat konseling KB :

  • Membantu mencari jawaban atas berbagai pertanyaan dan keraguan seputar KB. Terlalu banyak informasi dan data seputar KB di internet membuat kamu dan banyak orang di luar sana tersesat dan kebingungan mana informasi yang bisa dipercaya dan mana yang tidak. Di sinilah konseling dibutuhkan, menjawab semua pertanyaan yang berkecamuk di kepala dan mencari jawaban atas setiap keraguan yang muncul. Langsung dari ahlinya yang kompeten.
  • Membantu mendapatkan saran dari professional terkait kondisi individu dalam menentukan metode KB yang akan dipilih. Professional kesehatan tentu saja sudah dibekali dengan berbagai pengetahuan seputar KB, padanya kamu bisa mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya dari kacamata medis. Saran yang diberikan juga sudah melalui analisis yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kamu, sehingga risiko bisa ditekan seminimal mungkin bahkan bisa dihindari karena semua berbasis ilmu pengetahuan bukan rekayasa maupun mengada-ada.
  • Membantu dalam merencanakan kehamilan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Sesuatu yang direncanakan tentu saja akan berjalan dengan mulus dan lancar tanpa kendala berarti sehingga bisa sampai di tujuan dengan selamat. Prinsip ini pula yang ada pada konseling KB. Misalnya kamu berkeinginan tidak punya anak lagi atau ingin mengatur jarak kehamilan yang tepat, maka KB jangka panjang seperti jenis IUD atau implan bisa dipilih. Selain jangka panjang, perawatan sangat minimal juga hemat biaya. Sebaliknya, jika ingin hamil dalam waktu dekat, KB jangka pendek seperti pil, suntik, atau kondom bisa menjadi pilihan yang tepat. Tentu saja disesuaikan juga dengan kondisi kesehatan diri sendiri dan pertimbangan lainnya.
  • Meminimalisir risiko atau kesalahan dalam memilih metode KB yang kurang tepat dengan kondisi kesehatan individu. Konseling membantu menilai semua risiko kesehatan yang terkait dengan berbagai metode KB yang tersedia saat ini. Jadi kamu bisa memilih mana metode yang tepat dan sesuai dengan kondisi serta kebutuhan tanpa efek samping yang merugikan tubuh. Sebab ada kondisi-kondisi tertentu terkait riwayat penyakit yang dialami maupun kondisi kesehatan lainnya yang memungkinkan seseorang tidak boleh menggunakan jenis KB tertentu.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari duduk bersama dengan professional kesehatan dalam menentukan pilihan ber-KB. Sekali lagi, konseling sangat penting sebab inilah momentum paling menentukan dalam mengambil keputusan metode KB yang tepat.

Pilihan yang tepat tentu saja akan memberikan banyak manfaat. Sebaliknya, kesalahan dalam memilih metode KB bukan hanya berisiko bagi kesehatan diri sendiri, juga berimbas pada keharmonisan dengan pasangan. Dan lebih jauh lagi pada kondisi keluarga secara keseluruhan baik dari sisi ekonomi, kesehatan maupun aspek sosial.

Baca Juga: Agar Tidak Lupa Minum Pil KB, Ini Tujuh Tipsnya

Apapun jenis pilihan KB, langkah awal yang penting dilakukan adalah dengan konseling kepada ahlinya. Apa tujuan penggunaan kontrasepsi, apakah untuk menunda punya anak atau menjarangkan kehamilan atau sama sekali tidak ingin punya anak.

Metode KB yang dipilih mesti disesuaikan dengan kebutuhan dan rencana pasangan suami istri tersebut. Itulah sebabnya konseling sangat penting untuk melihat kebutuhannya dan rencananya apa juga untuk meluruskan persepsi keliru seputar KB yang selama ini dianutnya. Dalam konseling akan dijelaskan semua pilihan jenis kontrasepsi, plus minusnya, penggunaannya dan informasi lainnya. Ketika sudah menjatuhkan pilihan, si konselor harus mensupport pilihan tersebut. Sekali lagi, konseling itu penting.

Jika kamu ingin berkonsultasi seputar metode KB, saat ini bisa kok dilakukan secara online dengan cara menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya