Menstrual Cup vs Pembalut, Pilih Mana?

Menstrual cup vs pembalut

Yuk kita kupas tuntas kelebihan serta kekurangan menstrual cup dan pembalut.

Saat ini pilihan alat bantu menstruasi tidak hanya pembalut dan tampon, karena sekarang sudah ada menstrual cup. Di Indonesia sebagian besar perempuan masih menggunakan pembalut karena dianggap cara pakainya sangat praktis. Tapi belakangan semakin banyak perempuan Indonesia yang mencari tahu, bahkan tertarik untuk mencoba mengganti penggunaan pembalut ke menstrual cup. Alasan terbesarnya adalah karena bisa dipakai berulang kali.

Baca Juga: Ini Perbandingan Menstrual Cup dengan Pembalut dan Tampon‎

Meski menjadi alternatif baru, sebenarnya menstrual cup atau cawan menstruasi ini sebenarnya sudah ada sejak 1932. Adalah seorang perempuan Bernama Leona Chalmers yang kemudian menyempurnakan bentuknya. Seperti namanya, menstrual cup bentuknya seperti cawan atau cangkir berbentuk lonceng yang fungsinya adalah menampung darah menstruasi. Pemakaiannya dengan cara memasukkannya ke dalam vagina.

Lantas manakah diantara keduanya yang terbaik? Semuanya kembali kepada keputusan kamu. Karena memilh alat bantu menstruasi harus sesuai kebutuhan serta kondisi tubuh kamu. Ini mengapa pilihan sangat bersifat personal. Tapi untuk membantu kamu mendapat gambaran umum tentang keduanya, mari kita kupas apa saja yang menjadi kelebihan serta kekurangan dari dua alat bantu menstruasi ini.

Kelebihan dan kekurangan pembalut biasa:

Kelebihan dan kekurangannya

  • Cara pakainya praktis, cukup ditempelkan di celana dalam. Ada beragam jenis pembalut, mulai dari yang bersayap, pembalut tipis, pembalut tebal, sampai pembalut untuk malam hari. Kamu bisa memilih sesuai deras atau tidaknya darah menstruasi yang keluar serta yang nyaman untuk dipakai meski kamu aktif bergerak.
  • Material utama dari pembalut biasa adalah selulosa yang adalah serat sintetis yang berfungsi untuk menyerap cairan, dalam hal ini darah menstruasi. Hanya saja dalam pembuatannya, selulosa ini harus melalui proses bleaching atau pemutihan. Penggunaan bleaching inilah yang harus diawasi agar tidak mengganggu kesehatan organ reproduksi.
  • Pembalut harus diganti secara reguler yaitu sekitar 3-4 jam sekali karena daya tampungnya yang terbatas.
  • Bantalan pembalut bersentuhan langsung dengan kulit vagina, sehingga berpotensi menimbulkan rasa gatal serta iritasi. Karena butuh waktu untuk menyerap darah menstruasi, inilah yang kemudian mempengaruhi pH di sekitar vagina.
  • Limbah pembalut sulit terurai karena mengandung plastik. Alhasil membuat tanah jadi sangat tercemar.
  • Harganya lebih ekonomis dan mudah didapatkan.

Kelebihan dan kekurangan menstrual cup:

Kelebihan dan kekurangannya

  • Bisa dipakai berulang kali dan cara membersihkannya pun sangat praktis. Setelah membuang darah menstruasi yang tertampung, kamu harus mencuci menstrual cup di bawah air mengalir. Setelah bersih, menstrual cup siap untuk digunakan lagi.
  • Bahan materialnya lateks atau silikon sehingga mudah dibersihkan dan penyimpanannya pun praktis. Hanya saja untuk kamu yang punya alergi terhadap kedua material ini, sebaiknya jangan menggunakan menstrual cup karena bisa memicu terjadinya toxic shock syndrome (TSS) atau sindrom keracunan yang bisa mengancam nyawa.
  • Karena pemakaiannya di dalam vagina maka butuh waktu untuk menemukan trik memasukkan serta mengeluarkan menstrual cup.
  • Adapun durasi pemakaiannya antara 8-10 jam, bahkan maksimal bisa sampai 12 jam. Tapi lebih baik menggunakannya sekitar 8 jam untuk menjaga kebersihan area kewanitaan.
  • Harga menstrual cup berkisar antara Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribu. Memang terasa lebih mahal, hanya saja tidak seperti pembalut yang kamu harus beli setiap bulannya dan dalam sehari bisa menghabiskan 6-8 pembalut, maka menstrual cup menjadi lebih ekonomis. Apalagi masa pakai menstrual cup bisa sampai 10 tahun. Jadi hitung-hitung ‘investasi’ di depan.

Apapun alat bantu menstruasi yang kamu pilih, tetaplah ingat untuk selalu menjaga area kewanitaan. Karena menstruasi membuat area kewanitaan menjadi lebih sensitif, jika tidak rajin mengganti pembalut atau mengeluarkan darah menstruasi yang tertampung di menstrual cup maka kamu berisiko mengalami iritasi atau bahkan infeksi.

Untuk pembersih kewanitaan, pilihlah yang terbukti secara klinis aman untuk organ reproduksi. Atau jika kamu juga mencari pembersih kewanitaan yang punya manfaat tambahan seperti bisa mengencangkan area kewanitaan, maka pilihlah Andalan Feminine Care Revitalize Intimate Wash.

Baca Juga: Saatnya Ganti Pembalut dengan Menstrual Cup

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

keunggulan kondom

4 Keunggulan Kondom Berbahan Lateks

Kondom berbahan lateks memiliki pori-pori yang sangat kecil sehingga transmisi segala mikroba atau patogen bisa diminimalisir. Fungsi kondom sebagai kontrasepsi dan mencegah terjadinya infeksi menular

Read More »
menstrual cup

Cara Cakap Gunakan Menstrual Cup

Bagi pemula, menggunakan menstrual cup memang jadi tantangan tersendiri. Kebiasaan baru menggunakannya dengan mengubah kebiasaan lama menggunakan pembalut atau tampon yang sudah bertahun-tahun dilakukan, memang

Read More »