Menstruasi yang tak Kunjung Terjadi

menstruasi-tak-terjadi

Beruntunglah kamu yang mengalami menstruasi tepat pada waktunya. Sebab, tidak semua wanita bisa merasakan menstruasi. Apa saja kondisi yang menghalangi terjadinya menstruasi? Simak penjelasannya berikut ini.

Menstruasi adalah proses alami yang terjadi pada fase akhir pubertas bagi seorang wanita di usia remajanya. Rentang waktu pubertas dimulai usia 8-16 tahun. Namun apa jadinya jika hingga usia 16 tahun tidak mengalami menstruasi? Normalkah ini?

Baca Juga: Delapan Kondisi yang Memicu Gangguan Siklus Menstruasi‎

Dalam dunia medis dikenal istilah amenorrhea atau amenore yang artinya tidak terjadi menstruasi atau absence of menstruation. Istilah ini berlaku untuk wanita yang belum mengalami menstruasi hingga usia 16 tahun dikenal dengan istilah amenore primer.

Sementara amenore sekunder ditujukan bagi mereka yang pernah mengalami menstruasi selama minimal 3 siklus atau 3 bulan, lalu menstruasinya berhenti.

Pemicu terjadinya amenore bisa karena faktor alami dalam tubuh, bisa pula karena berbagai kondisi medis yang perlu diobati.

Berikut tiga kondisi yang membuat menstruasi tak kunjung terjadi :

  • Beberapa kondisi alami yang membuat menstruasi tidak terjadi seperti kehamilan, menyusui dan menopause.
  • Gaya hidup tidak sehat bisa memicu terjadinya amenore seperti olahraga berlebihan, stress yang tak kunjung terkelola dengan baik. Kondisi lemak tubuh yang terlalu banyak atau terlalu sedikit juga memicu tertundanya menstruasi atau menghentikan menstruasi.
  • Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Biasanya dipicu oleh tumor di kelenjar tiroid. Selain itu kadar estrogen yang rendah atau kadar tingginya kadar hormon progesterone juga memicu amenore.
  • Kelainan genetik atau kromosom seperti sindrom Turner dan sindrome Sawyer juga memicu amenore.
  • Obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu, seperti obat darah tinggi, obat antipsikotik dan antidepresan, termasuk obat kemoterapi juga menyebabkan amenore.
  • Tiba-tiba menghentikan konsumsi pil KB juga bisa menghentikan menstruasi pada beberapa waktu sebelum kondisi siklus menstruasi kembali normal.
  • Problem fisik pada sistem reproduksi wanita juga bisa memicu tidak terjadinya menstruasi atau pun tertundanya menstruasi.
  • Problem-problem kesehatan yang disebabkan cacat lahir, tumor, infeksi yang terjadi selama kehamilan atau saat proses persalinan.

Nah, buat kamu yang mengalami salah satu dari kondisi tersebut, segera konsultasi ke dokter. Terutama buat gadis remaja yang memasuki usia 14 tahun namun belum ada tanda-tanda pubertas seperti berkembangnya payudara, tumbuhnya rambut di kemaluan, dan belum mengalami menstruasi, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat.

Baca Juga: Siklus Normal Menstruasi Lancar‎

Jangan pernah menunda konsultasi ke dokter bila kamu mengalami problem serius seputar menstruasi ini. Sebab menstruasi menjadi pintu masuk proses reproduksi bagi seorang wanita. Karena itu, sebagai langkah awal, kamu bisa berkonsultasi secara online melalui Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya