Metode KB untuk Mood Tetap Oke

metode kb

Salah satu gejala PMS yang paling sering dialami dan membuat tidak nyaman berupa gangguan suasana hati atau mood swing. Tiba-tiba mudah marah tanpa sebab yang jelas, hal-hal sepele jadi dibesar-besarkan, atau mendadak malas melakukan sesuatu setelah sebelumnya begitu semangat. Dan banyak lagi bentuk gangguan mood yang cukup mengganggu, bahkan membuat orang di sekitarnya jadi sasaran emosi yang semestinya bisa dikendalikan.

Baca Juga: Ini Lima Pilihan Metode KB untuk Ibu Menyusui

Jika kamu termasuk yang mengalami hal tersebut, sudah saatnya berpikir mencari solusi yang tepat. Salah satunya melalui metode KB yang dipilih. Ya, pilihlah jenis KB yang manfaatnya menjaga mood untuk tetap oke tanpa merepotkan apalagi menyinggung perasaan orang lain.

Mengganti metode KB merupakan hal yang wajar, karena kamu tidak harus tetap menggunakan metode yang sama selamanya. Jika satu metode KB tidak memiliki dampak yang diharapkan, terlalu banyak efek samping, boleh kok beralih ke metode lain yang lebih tepat buat kamu.

Pilihlah jenis metode KB yang mudah diakses

Jika aksesibilitas adalah yang kamu cari, maka gunakan metode KB yang mudah didapat, harga terjangkau dan memiliki perlindungan yang tinggi serta tidak menularkan penyakit infeksi seksual. Hal ini tentu saja merujuk pada kondom. Seperti Andalan Kondom yang merupakan kondom impor dengan kualitas 100% lulus uji elektronis dan memenuhi standar internasional (ISO 1474). Terbuat dari bahan latex tipis yang tidak berpori, bertekstur dan berulir.

Selain kondom, opsi berikutnya adalah metode KB hormonal seperti pil KB kombinasi. Seperti pil KB Andalan yang mengandung hormon progesteron dan hormon estrogen. Tidak hanya efektif mencegah kehamilan 99% jika diminum secara benar dan teratur, pil KB Andalan ini juga menjaga siklus menstruasi lebih teratur dan yang tidak kalah penting adalah mengurangi nyeri menstruasi yang merupakan salah satu gejala PMS.

Selain pil kombinasi, minipil KB yang hanya mengandung hormon progestin saja, seperti pil KB Andalan Laktasi juga bisa menjadi opsi terutama buat ibu menyusui karena tidak mengganggu produksi dan kualitas ASI. Dan satu lagi opsi KB hormonal yang juga mudah diakses adalah KB suntik.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar metode KB hormonal memiliki manfaat membantu mengurangi gejala PMS seperti perubahan mood. Yang paling direkomendasikan berdampak baik dalam mengatasi gejala PMS adalah pil KB kombinasi.

Metode KB lain yang bekerja dengan baik menjaga hormon dan berdampak pada suasana hati tetap dalam keadaan stabil tanpa gejolak berarti, di antaranya suntik KB, Implant hormonal, dan IUD hormonal.

Setiap tubuh memiliki respons berbeda terhadap suatu metode KB, sangan individual. Ada beberapa yang lebih sensitif terhadap hormon dibanding individu lain. Hanya karena metode KB hormonal tertentu berdampak baik dan bekerja maksimal dalam menjaga mood seseorang, bukan berarti metode tersebut baik untuk semua orang. Namun, kabar baiknya, selain terkait stabilitas suasana hati yang tidak terganggu karena PMS, beberapa metode KB juga memberi khasiat membantu mengatasi menstruasi yang berat, mengurangi kram perut bagian bawah, dan membantu mengatasi problem jerawat yang biasanya muncul menjelang menstruasi datang.

Apapun jenis metode KB yang akan kamu pilih, pastikan sebelumnya berkonsultasilah dengan dokter. Sebab konseling KB itu sangat penting. Dalam konseling kamu akan mendapatkan informasi yang benar tentang KB yang kamu butuhkan sesuai kondisi dan tujuan dari penggunaan metode KB itu sendiri.

Baca Juga: Begini Mendiskusikan Metode KB dengan Anak yang Mulai Dewasa dan Aktif Secara Seksual

Untuk berkonsultasi dengan dokter yang kompeten seputar KB, saat ini bisa kok dilakukan secara online dengan cara menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

kondom sobek

5 Penyebab Utama Kondom Sobek

Penyebab utama kondom bisa sampai sobek ketika dipakai adalah karena cara pemakaiannya yang salah. Jika dibandingkan dengan alat kontrasepsi lainnya, kondom adalah yang paling praktis

Read More »