Pakai Kontrasepsi Tapi Kok Telat Haid? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

kontrasepsi haid

Telat haid atau haid tidak teratur saat pakai kontrasepsi bukan berarti kontrasepsi tidak efektif, bisa jadi ada penyebab lain.

Kontrasepsi hormonal seperti pil, suntik atau susuk sering disebut-sebut membuat siklus haid menjadi tidak teratur. Padahal di awal menggunakan kontrasepsi hormonal, tubuh perlu waktu untuk menyesuaikan diri dan telat haid atau haid tidak teratur bukan berarti tubuh menolak kontrasepsi. Sering kali penyebab telat haid ketika memakai kontrasepsi bisa jadi bukan karena kontrasepsinya melainkan akibat faktor lainnya.

Baca Juga: Pilihan Kontrasepsi Hormonal Untuk Atasi Masalah Haid

Reaksi tubuh setiap perempuan yang menggunakan kontrasepsi hormonal berbeda-beda dan sebenarnya ini hanya terjadi di awal-awal penggunaan. Bisa dibilang di tahap ini, tubuh tengah beradaptasi dengan hormon ‘tambahan’ yang ada di dalam kontrasepsi hormonal. Ada perempuan yang mengalami volume darah haid berkurang di awal penggunaan kontrasepsi hormonal. Dan ada juga yang justru telat haid atau tidak mengalami haid. Kondisi ini biasanya terjadi tiga bulan pertama penggunaan kontrasepsi hormonal. Tapi jika terjadi secara berkelanjutan, segeralah periksakan diri ke dokter atau bidan.

Tidak perlu panik jika kamu telat haid ketika memakai kontrasepsi, karena ada banyak faktor yang bisa membuat ini terjadi. Berikut beberapa penyebab yang tidak berkaitan dengan kontrasepsi hormonal:

  1. Pola makan yang berubah. Berat badan yang turun drastis akan berdampak langsung pada siklus haid, apalagi jika penurunannya mencapai 10% dari berat badan sebelumnya. Penurunan berat badan yang drastis membuat produksi hormon estrogen terhambat. Padahal hormon ini berperan dalam siklus ovulasi atau pelepasan sel telur. Jika ovulasi terhambat maka haid pun pasti terganggu.
  2. Stres. Mengalami gejolak emosi yang berujung pada stres berlebihan akan mempengaruhi fungsi otak, khususnya bagian hipotalamus. Ini adalah bagian otak yang meregulasi kerja hormon di dalam tubuh. Jika kamu telat haid, jangan langsung menyalahkan kontrasepsi hormonal. Cobalah untuk melakukan manajemen stres agar hipotalamus kembali meregulasi hormon tubuh dengan optimal dan membuat siklus haid kembali teratur. Jadi jangan langsung menyalahkan kontrasepsi hormonal yang kamu pakai ya.
  3. Olahraga berlebihan. Menjalani olahraga yang teratur memang akan membuat tubuh lebih rileks karena produksi hormon rasa bahagia jadi optimal. Tapi jangan langsung menyimpulkan kalau intensitas olahraga ditingkatkan akan membuat hormon bahagia semakin membuncah. Yang terjadi justru sebaliknya, tubuh akan menghasilkan lebih banyak radikal bebas yang membuat siklus haid otomatis terganggu. Cobalah untuk berolahraga dengan intensitas yang lebih terukur yaitu 150 menit dalam seminggu. Para ahli kemudian membuatnya jadi lebih mudah yaitu lakukanlah olahraga 2-3 kali seminggu, jadi beri jeda sehari baru berolahraga kembali.

Apakah mungkin telat haid saat pakai kontrasepsi pertanda hamil?

Kita pasti sudah tahu kalau kontrasepsi sudah terbukti begitu efektif dalam mencegah terjadinya kehamilan. Tapi mungkinkah telat haid saat pakai kontrasepsi sebagai pertanda hamil?

Kemungkinan ini bisa saja terjadi. Tapi faktor penyebab yang paling sering adalah karena akseptor kontrasepsi hormonal lupa untuk minum pil kontrasepsi atau mengunjungi dokter atau bidan untuk suntik kontrasepsi. Jadi jika kamu mengalami telat haid ketika pakai kontrasepsi, coba ingat-ingat apakah ada jadwal minum pil atau suntik kontrasepsi yang terlewat? Jika ini yang terjadi maka ada peluang terjadinya kehamilan. Bahkan kelewatan minum pil atau suntik kontrasepsi dua hari saja sudah membuka peluang untuk terjadinya kehamilan. Karena memang kontrasepsi hormonal ketika dihentikan pemakaiannya, maka sistem reproduksi akan bekerja seperti sebelum ada intervensi dari kontrasepsi. Ini mengapa kedisiplinan menjadi faktor penting yang membuat kontrasepsi bisa optimal dalam mencegah terjadinya kehamilan.

Baca Juga: Kamu Wajib Tahu, Manfaat Pakai Kontrasepsi Lebih dari Mencegah Kehamilan

Kalau kamu ingin lebih detail lagi tentang bagaimana kontrasepsi hormonal bisa efektif mencegah terjadinya kehamilan, yuk konsultasi langsung di HALO DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp. Tenang segala informasi pribadi akan dijaga dengan baik, jadi jangan ragu untuk berkonsultasi ya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya