Kamu Wajib Tahu, Manfaat Pakai Kontrasepsi Lebih dari Mencegah Kehamilan

Manfaat pakai kontrasepsi

Kontrasepsi memang identic dengan pencegahan kehamilan, padahal manfaatnya beragam, termasuk mencegah kanker.

Baca Juga: Pakai Kontrasepsi Tapi Kok Telat Haid? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kebanyakan orang baru mencari kontrasepsi saat ingin menunda kehamilan, padahal ada banyak manfaat yang bisa kita raih dari berbagai metode kontrasepsi. Yuk, cari tahu.

  1. Mengatur siklus haid

    Metode kontrasepsi hormonal dapat menyeimbangkan fluktuasi hormonal yang terjadi sepanjang siklus haid. Dengan begitu berbagai masalah yang terkait menstruasi pun bisa diatasi, termasuk siklus yang tidak teratur atau perdarahan.

    Pil KB juga bisa membantu mengatasi gejala-gejala sindrom ovarium polikistik (PCOS) misalnya jerawat membandel atau pun rambut yang tumbuh di bagian tubuh. Di pasaran terdapat beragam metode pil KB, tetapi kebanyakan pil bisa membuat siklus haid lebih ringan dan teratur.

  2. Mengurangi nyeri haid

    Menurut penelitian di Amerika, 31 persen perempuan menggunakan pil KB untuk mengatasi nyeri haidnya. Hal ini terjadi karena kontrasepsi hormonal mencegah terjadinya ovulasi (sel telur matang).

    Ketika tidak ada ovulasi, maka rahim tidak akan mengalami kontraksi yang memicu kram. Jika kamu sering menderita oleh nyeri haid dan ingin menggunakan pil KB, konsultasikan dulu ke dokter sehingga dapat diberikan jenis pil yang tepat.

  3. Mengatasi jerawat hormonal

    Fluktuasi hormonal menjadi salah satu penyebab jerawat yang sulit hilang oleh obat jerawat di pasaran. Ini sebabnya jerawat menjadi problem kulit yang sering dialami remaja.

    Pil KB dapat membantu mengurangi fluktuasi tersebut. Pil KB yang mengandung hormon estrogen dan progestin seperti Pil KB Andalan adalah salah satu senjata untuk mengusir jerawat.

  4. Mengurangi risiko kanker rahim

    Kontrasepsi hormonal juga punya manfaat jangka panjang. Perempuan yang memakai pil KB kombinasi memiliki risiko terkena kanker rahim lebih kecil 50 persen. Efek ini masih bisa bertahan 20 tahun setelah kita berhenti minum pil.

  5. Mengurangi keluhan PMS

    Ketika tamu bulanan datang, banyak perempuan yang mengalami berbagai ketidaknyamanan, baik fisik atau emosional. Pil KB bisa membantu mengatasi masalah tersebut yang dipicu oleh fluktuasi hormonal. Namun, konsultasikan ke dokter atau bidan sebelum menggunakannya karena ada berbagai pilihan pil KB dan dosisnya.

  6. Punya kebebasan mengatur haid

    Mayoritas perempuan menganggap haid adalah kodrat yang tidak bisa dihindari. Padahal, tidak harus demikian. Sebenarnya kita pun bisa mengatur siklus haid dengan bantuan pil KB. Pil KB rata-rata terdiri dari pil placebo yang tidak mengandung hormon untuk diminum satu minggu. Pil placebo itu disertakan supaya kita tetap disiplin minum pil setiap hari. Ketika kita mengonsumsi pil itu, biasanya akan haid.

    Nah, jika kita punya rencana khusus, seperti liburan atau mungkin Umrah, kita bisa melewatkan pil placebo itu dan langsung melanjutkan minum pil yang berisi hormone. Metode kontrasepsi lain juga bisa membuat kita tidak haid, seperti koyo atau IUD.

Baca Juga: Serba Serbi Pil Kontrasepsi

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya