Payudara Sakit saat Menstruasi, Apa yang Mesti Dilakukan?

payudara-sakit-menstruasi

Seiring bertambahnya usia, seorang remaja belia akan merasakan perkembangan payudaranya. Jelang masa menstruasi pertamanya, payudara seringkali bukan hanya bertambah semakin besar ukurannya namun juga meninggalkan jejak berupa rasa nyeri.

Baca Juga: Berapa Lama Jarak antara Masa Subur dengan Menstruasi?

Nyeri pada payudara jelang masa menstruasi memang termasuk salah satu gejala premenstrual syndrome (PMS). Kondisi ini seringkali dikhawatirkan oleh para belia di masa pubertasnya ini. Apakah kondisi ini termasuk normal? Temukan jawabannya dalam penjelasan berikut ini.

Pemicu rasa sakit

Memang tidak semua remaja mengalami nyeri payudara jelang menstruasi. Namun sebagian besar harus rela merasakan ketidaknyamanan ini. Tahukah kamu, rasa sakit ini muncul karena perubahan hormon estrogen dan progesteron yang jumlahnya menurun dalam tubuh.

Kedua hormon inilah yang bertanggung jawab terhadap siklus menstruasi seseorang. Karena itu, kamu jangan terlalu khawatir berlebihan bila mengalami nyeri pada payudara jelang menstruasi. Semua terjadi karena proses alamiah dalam tubuh.

Kabar baiknya, rasa sakit ini akan berkurang seiring bertambahnya usia. Namun, pada beberapa orang rasa sakit ini tetap muncul sepanjang periode menstruasi setiap bulannya. Selama dalam batas normal, hal ini tetap wajar kok, tak perlu dikhawatirkan.

Apa yang bisa dilakukan?

Sekalipun proses alamiah dalam tubuh, bukan berarti nyeri pada payudara tidak bisa diatasi, minimal dikurangi derajatnya. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakitnya, di antaranya :

  • Kurangi konsumsi garam, gula, susu, dan kafein yang menjadi salah satu pemicu rasa sakit payudara.
  • Gunakan bra yang lebih nyaman dan mendukung jelang menstruasi tiba. Kenyamanan yang dirasakan bisa membantu mengurangi rasa sakit yang muncul.
  • Cara lain mengurangi rasa sakit bisa dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran.
  • Olahraga juga mampu mengurangi rasa sakit yang terjadi. Pilih jenis olahraga yang tepat seperti berjalan atau bersepeda. Jangan pilih olahraga lari yang bisa memperburuk rasa sakit pada payudara.

Itulah yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir rasa nyeri pada payudara jelang menstruasi tiba. Langkah-langkah tersebut bisa kamu lakukan sebelum siklus menstruasi datang. Lakukan secara rutin di rumah dan rasakan manfaatnya.

Baca Juga: Jangan Takut, Makan Mentimun saat Menstruasi Tidak Berbahaya

Jika kamu mengalami masalah PMS yang tak tertahankan atau problem lain seputar menstruasi, kamu bisa berkonsultasi secara online melalui Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya