Jangan Takut, Makan Mentimun saat Menstruasi Tidak Berbahaya

Makan mentimun saat menstruasi

Jangan takut makan mentimun saat menstruasi. Aman, tidak akan membuat darah haid tersisa di dinding rahim.

Kamu pasti pernah mendengar mitos yang sangat populer ini: “jangan makan mentimun saat menstruasi, karena getahnya bisa membuat darah haid tersisa di dinding rahim. Ini bisa bikin kanker indung telur, dan bikin mandul”. Tenang saja, kamu gak perlu takut. Ini cuma mitos yang tidak ada dasar ilmiahnya. Tidak ada hubungan antara makan mentimun saat menstruasi dengan kanker maupun kemandulan.

Baca Juga: Tidak Benar Minum Minyak Kelapa Bisa Mempersingkat Menstruasi

Makan Mentimun saat Menstruasi: 100% Aman

Mentimun bukan termasuk penyebab kanker rahim ataupun kemandulan. Juga tidak ada bukti ilmiah bahwa getah pada mentimun bisa menyebabkan darah menstruasi tersisa di dinding rahim. Secara alami, darah haid akan berhenti dengan sendirinya dalam sekitar 7 hari. Makan mentimun saat menstruasi tidak akan mengganggu peluruhan darah haid.

Beberapa faktor risiko untuk kanker rahim antara lain: usia di atas 40 tahun, paparan estrogen setelah menopause, gemuk/obes, tidak pernah melahirkan, dan memiliki riwayat sindrom ovarium polikistik (PCOS). Adapun infertilitas atau kemandulan, banyak sekali penyebab dan faktor risikonya. Yang pasti, makan mentimun saat menstruasi bukan salah satunya.

Jadi kalau kamu suka mentimun, tidak perlu menghindarinya selama menstruasi. Malah sebenarnya, mentimun bisa membantumu mencegah dehidrasi saat haid, karena banyak mengandung air. Belum lagi kandungan serat, serta berbagai vitamin dan mineral dalam mentimun, yang baik untuk kesehatan. Es ketimun serut, lalap ketimun, rujak ketimun, silakan mengonsumsinya ketika menstruasi.

Hanya saja, bila perutmu terasa kembung setelah makan mentimun, sebaiknya hindari dulu, karena bisa membuat perut makin tidak nyaman ketika haid. Mentimun mengandung cucurbitacin. Pada sebagian orang, zat ini bisa memicu kembung, sendawa, dan kentut yang berbau. Namun bila kamu tidak punya masalah dengan mentimun, tidak perlu menghindarinya.

Yang terpenting, jaga selalu kebersihan organ intim saat menstruasi ya, karena lebih rentan mengalami infeksi dan iritasi. Pembersih kewanitaan bisa kamu gunakan. Pilihlah yang memiliki pH seimbang, dan sesuai dengan pH vagina (3,5 – 4,5). Selain itu juga yang mengandung prebiotik, karena bisa membantu memelihara keseimbangan mikroflora, sebagai pertahanan alami vagina. Dua kriteria ini bisa kamu temukan dalam Andalan Feminine Hygiene.

Baca Juga: Bikin Enggak Nyaman, Ini Penyebab Diare Saat Menstruasi!

Kamu bisa langsung berkonsutasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomer Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 atau melalui link berikut: https://bit.ly/halodktwhatsapp pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya