Pencegahan HIV-AIDS Dimulai Dari Mengubah Diri Sendiri!

Hari AIDS Sedunia

Tahan Diri, Tetap Setia, Main Aman

Jumlah kasus HIV di Indonesia yang dilaporkan dari tahun ke tahun terus meningkat. Data Kemenkes RI menyebutkan bahwa kejadian kumulatif infeksi HIV yang dilaporkan hingga Juni 2018 sebanyak 301.959 orang (Data Kemenkes RI 2018). 76,2 persennya atau 3 di antara 4 orang yang terkena HIV di Indonesia disebabkan karena hubungan seksual yang tidak terproteksi.

Menyambut Hari AIDS Sedunia 2018, DKT Indonesia melalui Kondom Sutra kembali mengkampanyekan hashtag #UbahHidupLo untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai pentingnya pencegahan HIV-AIDS dengan perilaku hidup sehat.  Momentum Hari AIDS Sedunia merupakan kesempatan bagi kita untuk ‘educate ourselves’ sejauh mana kita paham dan tahu tentang HIV-AIDS?. Data Kemenkes RI tahun 2018 menyebutkan bahwa hanya 15 persen wanita dan 16 persen pria di Indonesia memiliki pengetahuan komprehensif tentang HIV. Hal ini sangat memprihatinkan sekali, karena sudah selayaknya semua orang tahu dan sadar tentang HIV sehingga mereka dapat melakukan tindakan pencegahan untuk dirinya sendiri, dan juga menepis serta menghilangkan anggapan yang salah terhadap ODHA yang saat ini masih banyak terjadi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Hoax Tentang HIV yang Wajib Kamu Tahu!

Puncak peringatan Hari AIDS Sedunia yang diselenggarakan oleh DKT Indonesia dilaksanakan pada 25 November 2018 lalu di Car Free Day Sudirman Jakarta yang dikemas secara menarik dengan berbagai kegiatan diantaranya #UbahHidupLo commitment wall, layar besar untuk edukasi pencegahan HIV beserta olah raga yang melibatkan masyarakat umum. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 1.000 orang yang berpartisipasi dalam commitment wall sebagai bentuk dukungan mereka terhadap langkah pencegahan HIV-AIDS di Indonesia.

artikel lainnya