Pil KB Laktasi, Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui yang Ampuh Mencegah Kehamilan

pil kb laktasi

Ketika si Kecil hadir, prioritas ayah dan ibu berubah. Segalanya dilakukan dengan tujuan untuk membuat si Kecil tumbuh besar dengan sehat dan sejahtera. Untuk mencapai tujuan tersebut, orangtua perlu mengerahkan seluruh fokus pada si Kecil. Salah satu upaya yang bisa membantu adalah dengan menunda kehamilan berikutnya. Untungnya, ada pil KB Andalan Laktasi yang hadir sebagai solusi kontrasepsi untuk ibu menyusui.

Baca Juga: Gunakan Kondom, Salah Satu Solusi Ejakulasi Dini

Mengapa ibu menyusui masih membutuhkan kontrasepsi? Bukankah perempuan tidak bisa hamil ketika sedang menyusui? Pertanyaan ini seringkali membuat bingung para ibu. Memang betul bahwa menyusui bisa mencegah kehamilan. Akan tetapi, ada sejumlah kondisi yang harus dipenuhi sebelumnya (Abraha, Teferra, et al., 2018). Pertama, ibu harus menyusui bayi secara eksklusif tanpa diselingi dengan pemberian susu formula. Kedua, ibu belum menstruasi. Ketiga, si Kecil harus berusia <6 bulan. Kalau salah satu dari ketiga kondisi tadi tak terpenuhi, menyusui tidak akan bisa mencegah kehamilan.

Masalahnya, tak semua perempuan bisa memenuhi ketiga kondisi tadi. Ada yang ASI-nya tidak cukup untuk menyusui secara ekslusif. Ada yang tak sempat menyusui dengan teratur karena harus sambil bekerja. Ada yang sudah terlanjur menstruasi lagi. Ada juga yang anaknya sudah berusia di atas 6 bulan. Karena berbagai alasan tadi, tetap dibutuhkan kontrasepsi untuk ibu menyusui. Di sinilah peran pil KB Andalan Laktasi dalam membantu para ibu.

Satu kemasan Pil KB Andalan Laktasi terdiri dari 28 butir pil untuk diminum setiap hari pada jam yang sama. Dengan kandungan 0,5 mg Linestrenol (hormon progesteron) pada setiap butirnya, Pil KB Andalan Laktasi memberi sinyal pada tubuh untuk menebalkan lapisan lendir leher rahim. Alhasil, sperma yang masuk ke dalam vagina tak bisa menembus leher rahim untuk berenang menuju sel telur dan membuahinya. Inilah alasan mengapa tidak terjadi kehamilan.

Berikut beberapa keunggulan Pil KB Andalan Laktasi.

  • Tidak mengganggu produksi ASI maupun kondisi kesehatan bayi
    Penelitian menemukan bahwa kontrasepsi untuk ibu menyusui yang hanya mengandung hormon progesteron saja tidak mengganggu produksi ASI serta kesehatan bayi (Phillips, Tepper, et al. 2016). Artinya, dengan menggunakan Pil KB Andalan Laktasi, ibu bisa mencegah kehamilan tanpa khawatir soal si Kecil. Si Kecil tetap akan bisa menerima asupan ASI dengan optimal dan tumbuh sehat.

  • Tidak mengganggu kesuburan
    Pil KB Andalan Laktasi bukan kontrasepsi permanen, sehingga mengonsumsinya tidak akan menyebabkan menyebabkan kemandulan. Begitu ibu sudah selesai berkontrasepsi, ibu dan ayah bisa segera merencanakan kehamilan berikutnya. Ini juga alasan mengapa konsumsi pil KB sebaiknya dilakukan dengan disiplin dan tepat waktu, agar tidak terjadi kehamilan yang tidak direncanakan sebelum ibu dan ayah betul-betul merasa siap.

  • Bisa digunakan perempuan yang alergi atau sensitif terhadap hormon estrogen
    Pil KB Andalan Laktasi bebas dari hormon estrogen. Oleh karena itu, perempuan yang alergi atau sensitif terhadap hormon estrogen pun bisa menggunakannya. Walaupun demikian, tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan sebelum menggunakannya, ya! Soalnya, kondisi kesehatan tiap orang berbeda-beda dan hal ini bisa memengaruhi kecocokan terhadap alat kontrasepsi.

Baca Juga: Gunakan Kondom, Salah Satu Solusi Ejakulasi Dini

Dengan adanya Pil KB Andalan Laktasi sebagai alternatif kontrasepsi untuk ibu menyusui yang aman dan efektif, mencegah kehamilan jadi sangat mudah. Semoga kamu dan pasanganmu jadi lebih mantap dalam merencanakan keluarga, ya! Selain itu, bila kamu masih bingung atau memiliki pertanyaan terkait topik ini, kamu bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya