Pria Alami Ejakulasi Dini Bikin Pasangan Susah Hamil?

ejakulasi dini

Ejakulasi dini adalah keluhan seksual yang umum. Diperkirakan sebanyak 1 dari 3 pria mengatakan mereka pernah mengalami masalah ini, walau tidak konsisten.

Selain menyebabkan masalah psikologis, seperti tidak percaya diri karena tak bisa memuaskan pasangan, ejakulasi dini juga bisa mengganggu program kehamilan.

Gejala utama ejakulasi dini adalah ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi lebih dari satu menit setelah penetrasi seksual.

Baca Juga: Ejakulasi Dini, Ketika Hubungan Seks Cepat Selesai

Namun, masalahnya mungkin tidak hanya terjadi ketika berhubungan seksual, bahkan juga selama masturbasi.

Ejakulasi adalah mekanisme di mana air mani dikirim ke sel telur selama berhubungan seksual. Mekanisme ini penting untuk konsepsi alami.

Ketika masalah ejakulasi terjadi, tentu saja peluang terjadinya pembuahan lebih kecil, bahkan jika tidak ada masalah dengan jumlah atau kualitas sperma.

Selain itu, tak sedikit pria yang sudah mengalami ejakulasi bahkan sebelum penetrasi terjadi. Hal ini tentu membuat kehamilan tak mungkin terjadi secara alami.

Cari bantuan dokter

Ada stigma sosial seputar ejakulasi dini. Banyak pria merasa jika mereka mencari bantuan, mereka mengakui bahwa mereka kurang jantan.

Padahal, tidak ada hubungan antara ejakulasi dini dan kejantanan, tidak peduli bagaimana masyarakat memandang masalah tersebut.

Ejakulasi dini dapat berdampak negatif pada kesuburan, terutama jika ada kondisi medis yang mendasari yang menyebabkan kondisi prematur sehingga sebaiknya segera ditangani.

Bicaralah dengan dokter tentang kehidupan seks Anda dan keinginan untuk mendapatkan kehamilan.

Perawatan ejakulasi dini

Jika ejakulasi dini dikaitkan dengan kondisi medis, dokter kemungkinan akan fokus pada kondisi itu terlebih dahulu.

Setelah kondisi medis dikendalikan, gejala ejakulasi dini biasanya akan membaik.

Jika ejakulasi dini masih menjadi masalah, dokter mungkin terus mencari kondisi mendasar lainnya yang mungkin menyebabkan masalah, termasuk kemungkinan pertimbangan psikologis.

Pilihan pengobatan umum untuk ejakulasi dini termasuk teknik perilaku (behavioral techniques), anestesi topikal, obat-obatan dan konseling.

Ingatlah bahwa mungkin perlu waktu untuk menemukan perawatan atau kombinasi perawatan yang cocok untuk kamu.
Perawatan perilaku ditambah terapi obat mungkin merupakan pilihan yang paling efektif.

Terapi perilaku

Dalam beberapa kasus, terapi untuk ejakulasi dini mungkin melibatkan langkah-langkah sederhana, seperti masturbasi satu atau dua jam sebelum berhubungan sehingga kamu dapat menunda ejakulasi saat berhubungan seks.

Dokter juga mungkin menyarankan untuk menghindari hubungan seksual untuk jangka waktu tertentu dan berfokus pada jenis permainan seksual lainnya sehingga tekanan dari hubungan seksual dihilangkan.

Teknik lain yang juga sering direkomendasikan adalah melakukan senam kegel secara rutin, memakai kondom, dan juga teknik stop-start.

Teknik stop-start ini mirip dengan metode meremas, dimana pasangan merangsang penis sampai mendekati ejakulasi. Kemudian, hentikan rangsangan sampai dorongan ejakulasi berkurang. Metode ini harus diulang setidaknya tiga kali dan kemudian ejakulasi bisa dilakukan pada percobaan keempat.

Obat-obatan
Krim dan semprotan anestesi yang mengandung zat mati rasa, seperti benzokain, lidokain atau prilokain, terkadang digunakan untuk mengobati ejakulasi dini.

Krim ini dioleskan ke penis 10 hingga 15 menit sebelum berhubungan seks untuk mengurangi sensasi dan membantu menunda ejakulasi.

Ada juga obat-obatan yang diminum untuk menunda ejakulasi. Walau obat ini bukan spesifik untuk ejakulasi dini, tetapi beberapa digunakan untuk tujuan ini, termasuk antidepresan, analgesik, dan penghambat fosfodiesterase-5. Obat-obatan ini harus diresepkan dokter.

Kuatkan ikatan dengan pasangan

Memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter adalah langkah penting. Sementara itu, sambil menjalankan terapi dari dokter, pertimbangkan untuk mengeksplorasi cara lain agar kamu dan pasangan dapat terhubung satu sama lain.

Baca Juga: Jangan Lupakan Foreplay Agar Terhindar dari Ejakulasi Dini

Meskipun ejakulasi dini dapat menyebabkan ketegangan dan kecemasan dalam suatu hubungan, itu adalah kondisi yang dapat diobati.

Kuatkan kembali ikatan dengan pasangan dengan cara saling berkomunikasi tentang perasaan masing-masing, melakukan kegiatan hobi bersama, atau berkencan lagi seperti masa pacaran.

Jika kamu memiliki masalah seputar ejakulasi dini, Kamu bisa berkonsultasi ke Halo DKT dengan menghubungi nomor Whatsapp Halo DKT 0811-1-326459 dan juga link bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya

serba-serbi-pil-kontrasepsi

Serba Serbi Pil Kontrasepsi

Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang paling banyak dipilih masyarakat Indonesia. Mengapa demikian? Apa saja sih alasan yang melatarbelakangi pilihan tersebut? Yuk, kenali

Read More »