Siklus Normal Menstruasi Lancar‎

Siklus normal menstruasi lancar

Kamu bisa mengecek seberapa normal sih siklus menstruasimu tiap bulannya. Temukan ‎penjelasannya berikut ini.

Siklus menstruasi yang normal tidak hanya baik secara fisik melainkan juga memberikan ‎ketenangan secara psikologis. Sayangnya tidak semua wanita mengalami menstruasi ‎dengan kenormalan yang ada. Sebagian besar justru merasakan siklus menstruasinya tidak ‎normal setiap periodenya.

Baca Juga: Ladies, Jangan Terjebak dengan 5 Mitos Menstruasi Ini

Siklus menstruasi dihitung mulai dari hari pertama ke hari pertama bulan berikutnya. ‎Periodenya antara 21-35 hari. Durasi menstruasi itu sendiri rata-rata 2-7 hari. Pada ‎menstruasi pertama di usia belia kekacauan siklus masih sering terjadi. Seiring ‎bertambahnya usia, siklus cenderung stabil dan menemukan titik keseimbangannya.

Selain itu, ketidaknormalan siklus dipicu oleh penggunaan alat kontrasepsi tertentu. ‎Karenanya sebelum menentukan jenis kontrasepsi yang dipilih, lakukan konsultasi dengan ‎dokter untuk mendapatkan jenis kontrasepsi yang tepat. Sebab setiap individu memiliki ‎karakteristik tersendiri.

Seberapa normal siklus menstruasi yang kamu alami?

Pentingnya mengetahui seberapa normal siklus menstruasi bulanan, bisa dilakukan dengan ‎cara mudah. Yaitu melalui pencatatan di kalender. Mulailah mencatat atau mencoret ‎tanggal mulai menstruasi setiap bulannya. Lakukan hal ini beberapa bulan berturut-turut. ‎Untuk mengidentifikasi seberapa teraturnya siklus menstruasimu.

Ada beberapa poin yang bisa dijadikan indikator normal atau tidak siklus menstruasi ‎bulanan. Yaitu:‎

  • Tanggal akhir. Berapa lama durasi menstruasi. Apakah lebih panjang atau lebih ‎pendek dari biasanya?‎
  • Volume darah yang keluar, apakah terasa lebih sedikit atau lebih banyak dari ‎biasanya. Seberapa sering kamu mengganti pembalut setiap harinya selama ‎menstruasi. Apakah ada pembekuan darah yang tidak normal?‎
  • Rasa sakit yang ditimbulkan apakah lebih hebat dari biasanya.‎
  • Perubahan lainnya, apakah kamu merasakan badmood yang jauh lebih buruk dari ‎biasanya? Lebih sensitive, lebih malas melakukan aktivitas?‎

Nah, dari point-point di atas, kamu bisa menentukan apakah menstruasi yang kamu alami ‎normal atau tidak. Jika normal, tentu saja tak perlu khawatir dan nikmati setiap prosesnya ‎tanpa harus mengabaikan hal lain atau menghambat aktivitas rutin.

Baca Juga: Atasi Gangguan Mood saat Menstruasi‎

Namun, jika sudah mulai terdeteksi ketidaknormalan yang mencurigakan, segera ‎konsultasikan ke dokter yang kompeten untuk bicara lebih jauh apa yang sedang terjadi. ‎Untuk berkonsultasi, kamu bisa menghubungi Halo DKT di nomor 0811-1-326459 atau klik ‎link berikut https://bit.ly/halodktwhatsapp.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

artikel lainnya